Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keefektifan Pembelajaran dengan Multimedia Slide dan Suara

Multimedia saat ini bisa dikatakan sudah mampu menjadi media pembelajaran yang revolusioner. Kemudahan pemahaman materi dalam pembelajaran menggunakan multimedia membuat media pembelajaran berbasis multimedia ini banyak digunakan untuk hampir seluruh materi pembelajaran. Multimedia sendiri dapat berbentuk banyak hal seperti gambar, suara, slide, video, dan sejenisnya. Banyaknya ragam jenis media pembelajaran berbasis multimedia ini membuat pemilihan multimedia untuk media pembelajaran lebih mudah, fleksibel, serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran yang akan dilakukan.

Media Pembelajaran Slide dan Suara

Multimedia terutama kombinasi antara slide gambar dan suara mampu menunjukkan dan menyajikan apa yang tidak bisa disajikan secara langsung ke dalam kelas. Keunggulan ini yang jarang dimiliki oleh media pembelajaran lain sehingga peserta didik mampu melihat dan memahami fenomena nyata dari materi yang disajikan dengan multimedia slide dan suara tanpa harus berhubungan atau adanya kontak langsung dengan apa yang ditunjukkan. Terlebih lagi media pembelajaran berbasis multimedia ini dapat dikemas secara menarik serta interaktif yang mampu membangkitkan minat belajar siswa sehingga pembelajaran yang dilakukan dapat lebih efektif, siswa dapat cepat menguasai kompetensi dan tujuan pembelajaran dapat dicapai.

Demi menjaga agar slide dan suara dapat dijadikan media pembelajaran yang efektif, pemilihan dan pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia ini harus melalui tahapan khusus. Dalam memilih dan pengembangan media pembelajaran multimedia juga harus memperhatikan faktor-faktor yang kiranya mampu mempengaruhi keefektifan penggunaan multimedia kombinasi slide dan suara dalam pembelajaran. Jika dalam pembuatan media pembelajaran berbasis multimedia ini tidak memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi, bisa jadi pembelajaran tidak efektif dan justru dapat menghambat proses pembelajaran yang dilakukan.

Dalam buku Media Pembelajaran (Azhar, 2013: 147) disebutkan ada banyak sekali faktor yang mempengaruhi keefektifan penggunaan multimedia kombinasi slide dan suara sebagai media pembelajaran. Keefektifan penyajian pelajaran melalui multimedia slide dan suara memerlukan perhatian khusus kepada faktor-faktor yang dapat mempengaruhi. Faktor-faktor yang mampu mempengaruhi keefektifan penyajian pelajaran menggunakan multimedia slide dan suara sebagai media pembelajaran tersebut antara lain:

  1. Penyajian konsep-konsep dan gagasan-gagasan harus satu per satu. Pesan yang disajikan lebih dari satu akan membagi perhatian siswa sehingga dapat membuat tidak semua pesan atau materi dapat dimengerti peserta didik atau siswa.
  2. Penggunaan bidang penayangan di layar untuk tujuan-tujuan tertentu untuk menyampaikan pesan materi pelajaran. Satu gambar yang ditayangkan di layar mungkin perlu tetap ditayangkan selama diperlukan dan mendapat penekanan sehingga siswa mampu memahami arti sebenarnya dari apa yang disajikan.
  3. Penyusunan dan pengaturan unsur-unsur dan hubungan antar unsur pada media dengan pertimbangan bahwa pesan utama diletakkan di tengah-tengah layar dan informasi lainnya pada ruang di sisi ruangan.
  4. Pemilihan slide yang berkualitas baik menurut teknis dan estetis.
  5. Pemilihan musik yang dapat menyentuh perasaan untuk penyajian namun jangan sampai dominan terhadap narasi.
  6. Penggunaan efek suara asli untuk memberikan bayangan realisme dalam penyajian.
  7. Jangan terlalu banyak narasi dan biarkan gambar pada tiap slide yang menyajikan informasi dan pesan.
  8. Penggunaan lebih dari satu suara dalam narasi dapat membuat penyajian yang lebih dinamis.

Faktor-faktor yang sudah disebutkan diatas sangat perlu diperhatikan dan dipertimbangkan dalam pembuatan media pembelajaran slide dan suara. Secara teknis faktor-faktor tersebut merupakan hal-hal dasar yang perlu dilakukan agar mampu menciptakan dan mengembangkan media pembelajaran multimedia kombinasi slide dan suara yang efektif serta tepat digunakan dalam pembelajaran. Faktor-faktor ini sudah harus dipertimbangkan mulai dari perencanaan pembuatan hingga penggunaan media pembelajaran ini, sehingga pada saat penyusunan tidak perlu lagi memperhatikan faktor-faktor yang krusial yang dapat membuat penyusunan harus diulangi dari awal.


Referensi:
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

86 + = 90