Keterampilan yang Mampu Dicapai Siswa dengan Penggunaan Media pembelajaran Audio

Media pembelajaran saat ini telah berkembang sangat pesat. Sudah sangat jarang sekali ditemukan pembelajaran konvensional disekolah. Penggunaan media pembelajaran hampir pasti digunakan pada proses pembelajaran. Tak dapat dipungkiri memang bahwa penggunaan media pembelajaran sangat membantu dalam penyampaian dan penyajian materi.

Salah satu jenis media pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran adalah media pembelajaran berbasis audio atau suara. Audio atau suara dapat menyajikan materi yang akan diajarkan kepada siswa, siswa atau peserta didik mampu menggunakan indera pendengaran mereka secara optimal dalam pembelajaran.

Contoh Media Pembelajaran Berbasis Audio atau Suara

Penggunaan media pembelajaran audio atau suara selain dapat menyampaikan dan menyajikan materi juga mampu melatih siswa agar menguasai beberapa keterampilan. Sudjana dan Rivai dalam Azhar (2013:46) mengemukakan bahwa terdapat hubungan media audio dengan pengembangan keterampilan yang berkaitan dengan aspek-aspek keterampilan mendengarkan. Keterampilan yang mampu dicapai siswa dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran audio antara lain:

  1. Pemusatan perhatian dan mempertahankan perhatian
  2. Mengikuti pengarahan
  3. Melatih daya analisis
  4. Menentukan arti dari konteks
  5. Memilah-milah informasi atau gagasan yang relevan dan informasi yang tidak relevan
  6. Merangkum, mengemukakan kembali atau mengingat kembali informasi

Keterampilan yang mampu didapat siswa dalam pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran berbasis audio pada dasarnya hampir sama seperti pada pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran berbasis cetakan. Namun pada pembelajaran dengan media pembelajaran audio peserta didik membutuhkan perhatian yang ekstra sehingga perhatian peserta didik menjadi lebih baik.

Pada alat pemutar audio juga sulit dilakukan pengulangan materi secara instant, memerlukan waktu lebih lama untuk mengulang dan mencari materi yang kurang dipahami. Ini membuat pembelajaran dengan media pembelajaran audio membutuhkan dan mampu membentuk keterampilan yang lebih dibanding dengan pembelajaran dengan menggunakan media pembelajaran lainnya.


Referensi:
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

66 + = 70