Kontribusi Media Pembelajaran

Proses belajar mengajar dengan menggunakan media pembelajaran saat ini sudah lumrah dijumpai. Bahkan media pembelajaran hampir tidak dapat dipisahkan dengan setiap proses belajar mengajar. Hal ini disebabkan karena semakin mudahnya ketersediaan media pembelajaran yang berbanding lurus dengan kegunaan media pembelajaran itu sendiri.

Media pembelajaran saat ini memang sangat mudah untuk ditemukan dan dibuat. Media pembelajaran juga tidak perlu harus yang kompleks atau rumit, cukup dengan sesuatu yang sederhana dan memanfaatkan apa yang ada disekitar sudah dapat menjadi media pembelajaran. Tentunya dalam hal penggunaan media pembelajaran ini harus disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran.

Media Pembelajaran Visual

Penggunaan media pembelajaran dapat memberikan kontribusi yang cukup signifikan terhadap proses pembelajaran. Hal ini disebabkan karena media pembelajaran pada dasarnya membantu percepatan penyampaian materi kepada peserta didik. Kontribusi yang diberikan media pembelajaranpun bersifat secara langsung, bahkan efeknya dapat langsung bisa dilihat.

Menurut Kemp and Dayton dalam Susilana (2009, 9-10) menyebutkan bahwa kontribusi media pembelajaran antara lain adalah:

  1. Penyampaian pesan pembelajaran dapat lebih terstandar
  2. Pembelajaran dapat lebih menarik
  3. Pembelajaran lebih interaktif dengan menerapkan teori belajar
  4. Waktu pelaksanaan pembelajaran dapat diperpendek
  5. Kualitas pembelajaran dapat ditingkatkan
  6. Proses pembelajaran dapat berlangsung kapanpun dan dimanapun diperlukan
  7. Sikap positif siswa terhadap materi pembelajaran serta proses pembelajaran dapat ditingkatkan
  8. Peran guru berubah kearah yang positif

Terlihat dari kontribusi media pembelajaran yang telah disebutkan diatas bahwa media pembelajaran sangat membantu guru dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran bahkan dapat menggantikan peran guru untuk sementara sehingga guru dapat fokus memperhatikan hal lain sehingga kualitas pembelajaran tentunya dapat meningkat.

Kemudahan dan besarnya kontribusi yang diberikan media pembelajaran terhadap proses belajar mengajar membuat penggunaan media pembelajaran sangat diminati oleh guru. Namun dalam penggunaan media pembelajaran hendaknya tetap diperhatikan berbagai aspek terutama ketika perencanaan pemilihan hingga penggunaan media pembelajaran. Jangan sampai media pembelajaran justru membebani pembelajaran sehingga proses belajar mengajar menjadi tidak efektif.


Referensi:
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

71 − 67 =