Prinsip-Prinsip Penting yang Berkaitan dengan Perhatian dalam Belajar

Perhatian merupakan salah satu hal penting dalam belajar. Tanpa adanya perhatian dan fokus maka proses transfer informasi ataupun materi tidaka akan dapat berjalan dengan maksimal. Perhatian merupakan proses dalam belajar dimana seseorang memilih dan merespon sekian dari banyak rangsangan yang diterima dari lingkungan sekitarnya.

Ada banyak sekali rangsangan yang masuk dalam satu waktu. Contoh dalam kegiatan belajar, siswa berada dalam sebuah ruang kelas dimana terdapat banyak hal yang dapat diperhatikan misalnya menulis sesuatu, berbicara dengan kawan ataupun kegiatan dan hal-hal dengan perhatian tertentu. Ketika guru masuk kelas ketika itu juga seluruh perhatian siswa tertuju pada guru dan mengabaikan perhatiannya pada hal-hal lain, yang tadinya sedang menulis ataupun bercakap-cakap mereka menghentikan perhatian pada apa yang dilakukanya untuk memperhatikan guru yang akan mengajar.

Siswa mampu dengan mudah menerima materi pelajaran

Adalah sangat penting bagi guru dalam proses belajar mengajar agar terus mendapat perhatian dari siswa dan menjaga siswa tetap fokus dengan perhatian tersebut. Jika perhatian siswa tidak terfokus pada pembelajaran maka kemungkinan siswa tidak mampu menangkap atau mendapat persepsi yang benar terhadap materi yang sedang dipelajari.

Memang banyak sekali hal-hal yang dapat mengganggu dan mengalihkan perhatian siswa pada kegiatan pembelajaran, maka dari itu guru harus mampu menciptakan suasana yang kondusif untuk belajar dimana perhatian siswa dapat tetap fokus pada pembelajaran dan tidak banyak gangguan dan rangsangan yang datang dan mencuri perhatian peserta didik.

Jelas sekali terlihat bahwa perhatian merupakan hal yang vital dan harus ada dalam kegiatan belajar mengajar. Guru perlu memiliki wawasan tentang perhatian ini, salah satunya harus mengerti mengenai prinsip-prinsip penting yang berkaitan dengan perhatian. Slameto (2010: 106-107) menjelaskan bahwa terdapat beberapa prinsip penting yang berkaitan dengan perhatian dalam belajar, antara lain adalah:

  • Perhatian seseorang tertuju atau diarahkan pada hal-hal yang baru, hal-hal yang berlawanan dengan pengalaman yang baru saja diperoleh atau dengan pengalaman yang didapat selama hidupnya.
  • Perhatian seseorang tertuju dan tetap berada dan mengarah pada hal-hal yang dianggap rumit, selama kerumitan tersebut tidak melampaui batas kemampuan orang tersebut.
  • Orang mengarahkan perhatiannya pada hal-hal yang dikehendakinya, yaitu hal-hal yang sesuai dengan minat, pengalaman, dan kebutuhannya.

Memang benar bahwa guru tentu tidak mampu mengendalikan perhatian dari peserta didik, namun yang dapat dilakukan adalah bagaimana untuk mempengaruhi perhatian siswa agar tertuju pada pelajaran dan terus memberikan stimulus agar perhatian tidak teralihkan. Berdasarkan dan melihat dari prinsip-prinsip yang berkenaan dengan perhatian diatas maka tentu guru dapat mengetahui bagaimana karakteristik dari pembentukan perhatian dan mencari cara untuk dapat memberikan rangsangan sehingga mampu mendapat perhatian dari peserta didik dalam kegiatan pembelajaran dan siswa dapat menerima pelajaran atau mendapat persepsi dengan baik.

Guru dapat merencanakan terlebih dahulu apa yang akan digunakan dan diterapkan agar peserta didik dapat fokus pada pelajaran sepanjang kegiatan belajar mengajar. Penerapan metode pembelajaran yang tepat, model pembelajaran yang inovatif, media pembelajaran yang interaktif, hingga pemberian motivasi dapat dilakukan dan dikombinasikan dengan perencanaan yang baik sehingga mampu mendapatkan perhatian dari siswa dalam kegiatan belajar mengajar.


Referensi:

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

69 − 65 =