Faktor-Faktor yang Mampu Mempengaruhi Sumber Belajar

Berbagai Macam Sumber Belajar

Sumber belajar saat ini tersedia dalam berbagai macam bentuk. Sumber belajar yang kebanyakan terfokus pada bentuk cetak terutama buku, kini pada beberapa proses pembelajaran tidak selalu menjadikan buku sebagai sumber belajar utama. Hal ini disebabkan oleh banyak sebab yang berkembang baik dari luar maupun faktor dari sumber belajar itu sendiri.

Faktor-faktor yang mempengaruhi sumber belajar merupakan faktor-faktor yang mampu menyebabkan perubahan atau perkembangan pada sumber belajar tersebut. Perubahan atau perkembangan sumber belajar dapat terjadi dalam hal bentuk sumber belajar tersebut, pemakaian, hingga cara penggunaan sumber belajar. Faktor yang mempengaruhi sumber belajar bukan hanya berimbas pada perkembangan sumber belajar yang positif saja, namun juga dapat menyebabkan sumber belajar menjadi tidak memiliki nilai.

Faktor-faktor yang mampu mempengaruhi sumber belajar dapat menjadikan sumber belajar tersebut semakin baik dan sesuai jika diterapkan pada pembelajaran. Namun juga dapat berakibat kebalikanya, sumber belajar tidak sesuai lagi untuk pembelajaran dan harus dihilangkan dari daftar sumber belajar. Dalam buku Teknologi Pengajaran (Sudjana dan Rivai, 2007: 83) diuraikan bahwa terdapat 4 faktor utama yang dapat mempengaruhi sumber belajar, yaitu:

Perkembangan Teknologi

Seperti banyak diketahui bahwa teknologi berkembang dengan sangat cepat. Jika dahulu sumber belajar didominasi oleh sumber belajar yang tidak dirancang, maka sekarang ini dengan adanya teknologi sumber belajar dapat dirancang agar sesuai dengan kebutuhan pembelajaran dengan cara yang relatif mudah. Perkembangan teknologi juga mampu memberikan dan menciptakan banyak alternatif sumber belajar baru yang jauh lebih efektif dan efisien digunakan. Komponen-komponen sumber belajar juga semakin kaya berkat adanya perkembangan teknologi.

Nilai-Nilai Budaya

Nilai budaya dalam masyarakat utamanya sangat berkaitan erat dengan penggunaan sumber belajar yang tidak dirancang. Terutama jika menggunakan lingkungan sekitar untuk sumber belajar. Contohnya saja ketika perlu mempelajari sebuah tradisi, namun masyarakat yang memiliki tradisi sangat tertutup maka akan sangat sulit untuk mempelajari, dan ketika masyarakat sudah mulai terbuka, maka tradisi tersebut bisa dijadikan sumber belajar langsung bahkan sekaligus bisa melestarikan.

Keadaan Ekonomi

Tingkat finansial atau ekonomi sangat mempengaruhi terhadap produksi atau pengadaan dan juga penyebaran sumber belajar. Jelas sangat tidak mungkin guru untuk mewajibkan setiap murid agar memiliki sumber belajar yang memiliki harga mahal. Instansi pendidikan juga tentunya harus mengalokasikan dana dengan baik dan tidak dengan mudah mengadakan dan menyebarkan secara cuma-cuma sumber belajar.

Keadaan Pemakai

Kondisi pengguna atau pemakai tentu merupakan salah satu faktor utama yang mempengaruhi sumber belajar. Jelas sekali bahwa pengguna ini sebagai pelaku yang memanfaatkan sumber belajar yang dipilih. Keadaan pemakai ini meliputi banyak hal seperti latar belakang pengguna, tingkat kecerdasan, kondisi sosial, jumlah pemakai, dan kondisi pemakai pada umumnya.

Faktor-faktor tersebut merupakan faktor yang sangat memberikan pengaruh terhadap sumber belajar. Sedikit saja perubahan terjadi pada faktor-faktor tersebut, maka sumber belajar juga harus mengalami perubahan, paling tidak harus menyesuaikan dengan kondisi dan informasi terbaru dari faktor-faktor yang mempengaruhi sumber belajar. Baik mulai dari pemilihan sumber belajar, penggunaan, hingga evaluasi sangat penting memperhatikan faktor-faktor yang mempengaruhi sumber belajar ini.


Referensi:
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

96 − = 91