Persyaratan yang Perlu Diperhatikan Guru dalam Memanfaatkan Sumber Belajar

Sumber belajar merupakan salah satu komponen pembelajaran yang sangat penting. Sumber belajar mengandung materi utama yang akan dipelajari oleh siswa, tanpa ada sumber belajar maka siswa akan kesulitan dalam belajar.

Sumber belajar hendaknya dapat dipergunakan dengan baik dan benar. Berbagai macam ketersediaan sumber belajar dapat membuat guru maupun siswa kurang tepat dalam memanfaatkan sumber belajar. Mendayagunakan seluruh sumber belajar yang tersedia pada setiap pembelajaran sepertinya terlihat sangat membantu, namun tidak semua sumber belajar bisa tepat digunakan untuk materi tertentu.

Macam Sumber Belajar

Terlalu sedikit memanfaatkan sumber belajar juga kurang baik, bagaimana siswa dapat memahami materi jika kurang referensinya. Guru harus mampu memanfaatkan sumber belajar yang tersedia dengan baik dan benar juga secara tepat. Jika tidak maka pembelajaran justru menjadi kacau atau bahkan semakin menimbulkan kebingungan karena banyaknya atau kurangnya referensi sumber belajar.

Memanfaatkan sumber belajar harus memperhatikan hal-hal tertentu agar sumber belajar dapat mendukung proses pembelajaran secara optimal. Dalam buku Teknologi Pengajaran (Sudjana, 2007: 87), disebutkan bahwa ada beberapa persyaratan yang perlu diketahui dan diperhatikan pendidik atau guru dalam memanfaatkan sumber belajar, antara lain:

  • Tujuan instruksional hendaknya dijadikan pedoman dalam memilih sumber belajar yang shahih dan tepat
  • Pokok-pokok bahasan yang menjelaskan analisis isi pelajaran yang akan disajikan kepada siswa. Perlu dilakukan sebagai dasar pemilihan serta pemanfaatan sumber belajar agar materi yang disajikan melalui sumber-sumber belajar dapat memperjelas dan memperkaya isi bahan
  • Pemilihan strategi dan metode pembelajaran yang sesuai dengan sumber belajar. Strategi sangat erat kaitannya dengan sumber belajar, bahkan sesungguhnya strategi itu termasuk ke dalam salah satu jenis sumber belajar
  • Sumber-sumber belajar yang dirancang berupa media instruksional dan bahan tertulis yang tidak dirancang
  • Pengaturan waktu sesuai dengan luas pokok bahasan yang akan disampaikan kepada siswa. Waktu yang diperlukan untuk menguasai materi tersebut akan mempengaruhi sumber belajar yang akan digunakan
  • Evaluasi, yaitu bentuk penilaian yang akan digunakan nantinya setelah proses pembelajaran

Menjadi guru memang bukan pekerjaan yang mudah, bukan hanya mengajar saja namun juga harus mempersiapkan segala sesuatu tentang pembelajaran serta memanfaatkan dengan baik. Termasuk dalam kaitannya dengan pemanfaatan sumber belajar ini, terlihat cukup banyak hal-hal atau syarat yang perlu diperhatikan dalam memilih dan menggunakan sumber belajar, namun persyaratan tersebut dapat digunakan sebagai pedoman dalam memanfaatkan sumber belajar yang tepat untuk suatu materi pembelajaran tertentu serta juga memudahkan dalam pemilihan sumber belajar yang akan dipakai tersebut.


Referensi:
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2007. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 15 = 17