Tujuan Evaluasi Pengembangan Multimedia untuk Pendidikan dan Pembelajaran

Multimedia merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang cukup banyak berguna dalam kegiatan sehari-hari. Saat ini multimedia banyak dipergunakan untuk penyajian hiburan dan karya, lihat saja banyak video, film, maupun lagu yang diproduksi dan disebarluaskan untuk keperluan entertainment. Namun tak hanya dalam dunia hiburan, dalam dunia pendidikan multimedia dapat diterapkan terutama dalam pembelajaran.

Pengembangan Multimedia untuk Mengajar

Sangat banyak hal yang bisa dieksploitasi dari multimedia untuk keperluan pembelajaran, utamanya dapat digunakan untuk sumber belajar maupun diterapkan sebagai media pembelajaran. Karena pentingnya multimedia dalam pembelajaran maka produksi multimedia tidak dilakukan dengan sembarangan. Multimedia yang akan digunakan dalam pendidikan terutama dalam pembelajaran harus dikembangkan dengan terencana dan terprogram dengan baik sehingga produk multimedia yang dihasilkan dapat diterapkan dalam dunia pendidikan dengan baik.

Pengembangan multimedia dalam dunia pendidikan khususnya dalam pembelajaran perlu melalui prosedur atau tahap-tahap pengembangan multimedia. Salah satu contoh tahapan pengembangan multimedia dapat dilakukan dengan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dalam setiap akhir tahap pengembangan perlu dilakukan evaluasi terhadap tahap yang sudah dilakukan serta juga evaluasi ketika produk multimedia sudah dihasilkan.

Evaluasi dalam pengembangan multimedia untuk pendidikan bukan tanpa tujuan dan manfaat. Dalam buku Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan (Sutopo, 2012:137) disebutkan bahwa evaluasi pengembangan multimedia dalam pendidikan memiliki beberapa tujuan, antara lain:

  • Meningkatkan Produk Multimedia. Produk yang dihasilkan dalam pengembangan multimedia tentu tidak selalu sempurna, oleh karena itu evaluasi sangat perlu diperlukan terutama dalam tahap Testing dan Distribution.
  • Menentukan Efektifitas dari Bahan Instruksional. Evaluasi ini sangat berperan untuk mengetahui kesesuaian produk multimedia dengan tujuan dan bahan instruksional yang sudah ditentukan sebelumnya. Dengan demikian, dapat diketahui bahwa produk multimedia cocok untuk diterapkan dalam pendidikan atau pembelajaran.
  • Meningkatkan Kemampuan Tim. Adanya evaluasi tentu juga dapat mengetahui kelemahan dan kekurangan tim pengembang. Setelah mengetahui kelemahan masing-masing personel tentu dapat meningkatkan kemampuan dan menutupi kekurangan tim tersebut. Sehingga dalam pengembangan produk multimedia selanjutnya dapat dihasilkan produk yang jauh lebih baik.
  • Meningkatkan Proses Pengembangan Multimedia. Dalam pengembangan multimedia proses juga harus berkembang apalagi dengan semakin majunya teknologi. Denga adanya evaluasi maka dapat diketahui dengan posti proses dan tahapan mana yang harus dikembangkan.

Pentingnya evaluasi dalam setiap tahap dan evaluasi keseluruhan pengembangan multimedia untuk pendidikan bermanfaat untuk melakukan koreksi terhadap setiap perkembangan dari tahap yang sudah dilakukan. Evaluasi ini dapat lebih memastikan agar produk multimedia yang dihasilkan nantinya dapat digunakan dan diterapkan dalam pendidikan dan khususnya pembelajaran dengan baik. Data evaluasi ini juga dapat dijadikan acuan untuk mengembangkan produk multimedia yang sudah dihasilkan tersebut nantinya.


Referensi:
Sutopo, Ariesto Hadi. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 8 = 12