Jenis Koleksi Buku di Perpustakaan Sekolah

Buku di Perpustakaan Sekolah

Buku merupakan bentuk cetakan yang tidak bisa dijauhkan dari aktivitas belajar mengajar. Kebutuhan buku dalam proses pembelajaran menjadi salah satu kebutuhan wajib dimana peran buku utamanya dapat digunakan sebagai bahan ajar ataupun sumber belajar. Peranan sebagai bahan ajar sekaligus sumber belajar ini hampir dapat ditemukan pada setiap proses pembelajaran, hal ini banyak dikarenakan penggunaan buku yang mudah, murah, dapat digunakan kapan saja dan yang terpenting mampu memuat seluruh materi serta perangkat yang dibutuhkan dalam pembelajaran dalam sebuah bahan cetak.

Sekolah maupun institusi penyelenggara pendidikan lain sebagai pelaksana pendidikan sekaligus pusat kegiatan pembelajaran berlangsung diharapkan mampu menyediakan sarana dan prasarana atau fasilitas pendukung yang baik. Berkaitan dengan buku, maka sekolah harus memiliki pusat koleksi buku dimana buku-buku tersebut dapat digunakan seluruh personel sekolah terutama guru dan siswa untuk mendukung kegiatan pendidikan atau pembelajaran yang dilangsungkan. Fasilitas yang dimaksud adalah perpustakaan sekolah. Perpustakaan sekolah dapat berfungsi sebagai tempat pembelajaran diluar kelas.

Namun perpustakaan sekolah tidak seperti perpustakaan pada umumnya. Perpustakaan sekolah harus memiliki desain utama untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Hal yang paling utama yang perlu diperhatikan adalah jenis koleksi buku yang ada di perpustakaan sekolah. Buku yang berada di perpustakaan sekolah harus didominasi oleh buku pelajaran, literatur, ataupun referensi lain yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Buku di perpustakaan sekolah juga harus disesuaikan dengan tingkatan usia dan kemampuan peserta didik secara umum.

Ini dimaksudkan juga agar perpustakaan dapat dimanfaatkan dengan baik, bayangkan saja jika perpustakaan di sekolah diisi dengan buku yang tidak relevan dengan materi pembelajaran atau tidak sesuai tingkatan pendidikan misal disebuah SMP diisi buku untuk SMA, sangat tidak tepat sasaran, siswa akan kesulitan mencari sumber referensi lain dan bahkan mencari di luar sekolah, perpustakaan akhirnya terbengkalai dan tidak mampu dimanfaatkan dengan optimal.

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa jenis buku di perpustakaan sekolah tidak seperti perpustakaan umum dimana semua jenis buku bisa masuk. Suwarno (2011: 60) menyebutkan bahwa terdapat 2 jenis koleksi buku yang ada di perpustakaan sekolah secara umum. Jenis buku yang ada di perpustakaan sekolah tersebut antara lain:

Buku Bacaan

Buku bacaan merupakan buku yang digunakan sebagai bahan bacaan. Buku bacaan ini memuat materi-materi serta referensi yang informatif. Buku bacaan ini dapat dibagi menjadi 3 kategori, antara lain:

  1. Buku Bacaan Fiksi, buku yang ditulis berdasarkan khayalan pengarang dalam bentuk cerita dan dapat memberikan hiburan, ketenteraman pikiran, dan ketenangan.
  2. Buku Bacaan Non-Fiksi, buku tentang ilmu pengetahuan dan dimaksudkan untuk menambah pengetahuan para pembacanya.
  3. Buku Bacaan Fiksi Ilmiah, buku yang ditulis berdasarkan khayalan pengarang dalam bentuk cerita serta juga berdasarkan ilmu pengetahuan yang relevan sehingga mampu mempengaruhi pengembangan daya pikir ilmiah pembaca.

Buku Ilmiah

Buku ilmiah adalah buku yang ditulis dan dihasilkan dari studi maupun kegiatan ilmiah yang disajikan dalam berbagai bentuk yang dapat mempengaruhi daya intelektual pembaca. Contoh buku yang termasuk dalam jenis buku ilmiah ini misalnya laporan penelitian, jurnal, handbook, buku teks dan sejenisnya.

Kedua jenis buku diatas merupakan jenis buku-buku yang umumnya digunakan sebagai referensi, sumber belajar atau bahan ajar dalam pembelajaran. Buku-buku bacaan dan buku-buku ilmiah merupakan jenis buku yang pantas untuk mengisi rak-rak perpustakaan sekolah. Pembelajaran akan sangat banyak tertolong dengan adanya buku-buku dari jenis buku acaan dan buku ilmiah. Guru tidak akan kesulitan menemukan bahan ajar dan siswa juga mudah mencari sumber belajar dan referensi.

Buku bacaan dan buku ilmiah memberikan varian dan ragam materi pembelajaran yang sangat lengkap dan banyak. Namun demikian tentunya bukan tidak mungkin jenis buku lain dimasukkan dalam perpustakaan sekolah. Namun tetap komposisi utama buku perpustakaan sekolah diharapkan berasal dari jenis buku bacaan dan buku ilmiah, buku jenis lain dapat digunakan sebagai pelengkap dan selingan ketika membutuhkan informasi atau referensi diluar materi pembelajaran.


Referensi:
Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

2 comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

42 + = 51