Jenis Terbitan Buku di Perpustakaan

Buku di Perpustakaan Sekolah

Perpustakaan merupakan tempat berbagai macam koleksi segala macam cetakan bertempat. Perpustakaan banyak memiliki fungsi dan peran di masyarakat. Pengumpulan dan penyajian informasi secara terpadu dapat ditemukan di perpustakaan. Masyarakat luas dapat menggunakan dan memperoleh informasi dengan mudah dan murah bahkan gratis di perpustakaan.

Buku merupakan bentuk cetakan yang banyak ditemukan di perpustakaan. Sangat banyak jenis buku yang tersimpan di perpustakaan. Buku yang tersimpan di perpustakaan biasanya berupa terbitan resmi sehingga informasi yang terkandung dalam buku tersebut dapat dipertanggung jawabkan.

Ada banyak jenis buku terbitan yang dapat menjadi koleksi dan tersaji di perpustakaan. Suwarno (2011: 61-68) menjelaskan bahwa terdapat 12 jenis terbitan buku yang berada di perpustakaan, antara lain:

Ensiklopedia

Adalah suatu daftar subjek yang disertai dengan keterangan-keterangan tentang definisi, latar belakang, dan data bibliografisnya disusun secara alfabetis dan sistematis. Ensiklopedia merupakan jenis buku yang termasuk sebagai bahan rujukan yang berisi informasi tentang berbagai hal atau ilmu pengetahuan secara mendasar dan bersifat umum. Contoh ensiklopedia misalnya Ensiklopedia Alam Semesta.

Kamus

Kamus merupakan jenis buku yang termasuk sebagai bahan rujukan yang memuat informasi tentang kata atau istilah yang berkaitan dengan ejaan, arti, atau definisi, cara pengucapan, asal kata, dan cara pemakaiannya dalam kalimat. Kamus lebih menekankan pada arti dari sebuah kata, sedangkan ensiklopedia memuat juga materi-materi tambahan yang bersifat umum. Contoh kamus adalah Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Almanak

Merupakan jenis buku yang termasuk sebagai bahan rujukan yang menyerupai suatu kalender kegiatan dalam satu tahun. Contoh buku rujukan yang berupa almanak misalnya Almanak Indonesia yang diterbitkan BPS.

Handbook dan Manual Book

Buku Pegangan atau Handbook adalah jenis buku rujukan yang berisi ikhtisar pokok bahasan atau subjek tertentu mengenai suatu ilmu pengetahuan yang digunakan untuk petunjuk dalam penerapan praktiknya atau dalam memberikan pelajaran (mengajar). Contoh handbook atau buku pegangan atau buku panduan ini misalnya Pedoman Penyelenggaraan Perpustakaan Desa.

Sedangkan Buku Pedoman atau Manual Book ini merupakan buku rujukan yang berisi informasi cara melakukan sesuatu kegiatan juga petunjuk praktis mengenai suatu jenis pekerjaan serta cara kerja suatu alat atau perangkat tertentu.

Buku Tahunan

Buku Tahunan atau Yearbooks atau Annual Book merupakan terbitan yang bersifat tahunan berisi ulasan atau review perkembangan atau kejadian alam atau fakta-fakta yang terjadi dalam setahun, merekam informasi terbaru, dan kebanyakan disajikan dalam bentuk statistik.

Direktori

Merupakan jenis buku rujukan yang berisi daftar nama orang, lembaga, badan, organisasi yang dilengkapi dengan alamat, kegiatan, kode, dan data lain yang disusun secara alfabetis dan sistematis.

Sumber Biografi

Biografi merupakan pengungkapan ulang kehidupan seseorang yang diperoleh dari ingatan, bahan tertulis, atau secara lisan.

Terbitan Pemerintah

Merupakan bahan rujukan yang diterbitkan secara resmi oleh pemerintah melalui lembaga resmi yang berisi informasi yang berkaitan dengan masalah pemerintah atau masalah-masalah untuk kepentingan umum.

Peraturan dan Perundang-undangan

Merupakan jenis buku rujukan yang termasuk karya intelektual yang diterbitkan secara resmi oleh pemerintah melalui lembaga resmi yang berisi informasi yang berkaitan dengan kaidah yang dibuat untuk mengatur, petunjuk, yang dipakai untuk menata sesuatu dengan aturan yang menyangkut masalah pemerintahan atau kepentingan umum yang harus dijalankan dan dipatuhi.

Sumber Geografi

Merupakan bahan rujukan yang diterbitkan dan berisi mengenai informasi dan materi ke-geografi-an. Contoh sumber geografi ini yaitu peta, atlas, dan globe.

Publikasi Penelitian

Merupakan buku sebagai bahan rujukan yang berisi informasi hasil penyelidikan atau penelitian yang menyajikan penemuan-penemuan dan kesimpulan serta disampaikan kepada sebuah badan atau pengawas. Contoh publikasi hasil penelitian ini antara lain adalah tesis dan disertasi.

Karya Sejarah

Karya sejarah memuat informasi tentang peristiwa-peristiwa atau kejadian-kejadian yang benar-benar terjadi di masa lampau.

Jenis buku terbitan ini merupakan jenis buku yang digunakan sebagai referensi atau rujukan terhadap informasi tertentu. Buku terbitan biasanya diterbitkan karena tujuan tertentu atau sebagai penyajian laporan dari kegiatan yang telah dilakukan seperti hasil penelitian.

Perpustakaan hendaknya dapat menyajikan dan menyimpan dengan baik buku-buku terbitan tersebut. Perpustakaan juga harus mampu melestarikan dan sebagai media perekam terhadap data-data serta informasi yang sudah dituangkan dalam buku terbitan.


Referensi:
Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 40 = 46