Tujuan Utama Ensiklopedia Secara Umum

Buku Pelajaran

Buku merupakan bentuk cetak yang banyak dijadikan koleksi di perpustakaan. Salah satu terbitan buku yang ada di perpustakaan adalah Ensiklopedia. Dalam ensiklopedia mengandung informasi yang sangat beragam. Dalam Wikipedia Bahasa Indonesia disebutkan bahwa Ensiklopedia adalah sejumlah tulisan yang berisi penjelasan yang menyimpan informasi secara komprehensif dan cepat dipahami serta dimengerti mengenai keseluruhan cabang ilmu pengetahuan atau khusus dalam satu cabang ilmu pengetahuan tertentu yang tersusun dalam bagian artikel-artikel dengan satu topik bahasan pada tiap-tiap artikel yang disusun berdasarkan abjad, kategori atau volume terbitan dan pada umumnya tercetak dalam bentuk rangkaian buku yang tergantung pada jumlah bahan yang disertakan.

Dalam ensiklopedia memuat berbagai macam objek yang disertai dengan keterangan dan informasi yang menyeluruh dan lengkap yang berhubungan mengenai objek yang dibahas tersebut. Objek yang dimuat dan dibahas dalam ensiklopedia merupakan objek-objek atau materi dari berbagai hal ilmu pengetahuan. Ensiklopedia hampir seperti kamus namun penjelasan atau pembahasan dalam ensiklopedia biasanya lebih lengkap dan mendetail serta dilengkapi dengan gambar agar pembaca dapat lebih mengerti dan memahami informasi yang diperoleh.

Ensiklopedia diciptakan memiliki tujuan tertentu. Suwarno (2011: 62) menyebutkan bahwa pada dasarnya Ensiklopedia memiliki 3 tujuan secara umum, yaitu:

Source of Answer to Fact Question

Bahwa Ensiklopedia dapat berperan sebagai sumber jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang memerlukan fakta dan kenyataan serta data-data. Ensiklopedia disusun untuk menyajikan materi-materi yang berdasarkan pengetahuan ataupun kejadian dan sesuatu hal yang benar-benar ada, bukan karangan semata. Sehingga pengguna yang menggunakan ensiklopedia hanya akan mendapat jawaban yang akurat karena materi yang didapat berdasarkan pengetahuan dan fakta.

Source Of Background Service

Ensiklopedia sebagai sumber informasi yang memuat topik dan pengetahuan dasar yang ada hubungannya dengan suatu subjek dan berguna untuk penelusuran lebih lanjut. Bisa dikatakan bahwa Ensiklopedia pada dasarnya membahas berbagai macam hal dan fenomena yang dijadikan sebagai subjek bahasan untuk disajikan dalam bentuk cetakan.

Direction Service

Merupakan layanan pengarahan terhadap bahan-bahan lebih lanjut untuk para pembaca terhadap topik-topik yang dibahas. Setiap akhir pembahasan suatu subjek, pada ensiklopedia selalu dicantumkan referensi mengenai bahasan materi yang sudah dituangkan. Referensi ini bukan hanya sumber materi yang digunakan dalam pembahasan, namun juga sumber referensi lain yang berhubungan dengan materi yang sedang dibahas.

Memang materi yang dituangkan dalam ensiklopedia merupakan materi yang masih umum, namun pada ensiklopedia yang bertema tertentu atau lebih khusus, materi yang disampaikan lebih menyeluruh dan lengkap. Ensiklopedia rata-rata berukuran dan memiliki ketebalan lebih besar daripada buku pada umumnya, ini menunjukkan bahwa materi yang terkandung dalam ensiklopedia berusaha disajikan dengan selengkap dan sedetail mungkin, jika ada materi yang tidak sempat disampaikan biasanya dalam ensiklopedia akan disajikan rujukan bagaimana untuk memperoleh materi atau informasi yang belum disampaikan tersebut.

Konsep ensiklopedia ini tampaknya diterapkan dalam Wikipedia yang merupakan sebuah ensiklopedia yang dituangkan dalam bentuk website. Dalam Wikipedia ini layaknya sebuah ensiklopedia umum yang besar dan memuat segala macam materi dan informasi seperti pada ensiklopedia berbentuk cetak pada umumnya yang tersedia dalam berbagai macam bahasa. Pada Wikipedia sebagai ensiklopedia online disajikan informasi yang lengkap dan diusahakan untuk selalu di-update oleh pengembang dan kontributor mereka.


Referensi:
Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Referensi Online:
Ensiklopedia di Wikipedia Bahasa Indonesia
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 6 = 9