Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Perancangan dan Pembangunan Gedung Perpustakaan

Bangunan Perpustakaan

Perpustakaan merupakan ruang tertutup yang digunakan untuk menyimpan dan menyajikan koleksi informasi dan referensi dalam bentuk bahan-bahan cetak seperti buku, ensiklopedia, dan jenis cetakan lain. Digunakan ruang tertutup ini dikarenakan koleksi yang ada di perpustakaan merupakan koleksi yang mudah rusak karena banyak gangguan. Gangguan yang cukup mudah membuat koleksi pada perpustakaan rusak adalah air, matahari, kotoran, dan lain-lain.

Perpustakaan dapat berupa sebuah ruangan saja atau gedung yang dibangun khusus untuk perpustakaan. Pembangunan ruang atau gedung perpustakaan ini tentu disesuaikan dengan kemampuan dan tujuan lembaga yang menaungi perpustakaan tersebut. Tentu juga disesuaikan pula dengan tujuan perpustakaan tersebut didirikan. Penyesuaian tersebut bertujuan agar gedung perpustakaan menjadi tepat guna, efektif serta tidak menggunakan berlebihan atau bahkan kekurangan sumber daya.

Pada dasarnya memang gedung perpustakaan bisa dibangun layaknya gedung pada umumnya. Namun, tetap saja perlu memperhatikan hal-hal tertentu dalam pendiriannya. Suwarno (2011: 43) menyebutkan bahwa dalam pembangunan gedung perpustakaan, perlu memperhatikan beberapa hal dalam perancangannya, yaitu:

  1. Perkembangan perpustakaan yang cepat menuntut pemikiran yang cermat atas daya tampung dan kemungkinan perluasan gedung perpustakaan untuk masa kini maupun apa yang diproyeksikan di masa depan.
  2. Untuk membuat suatu gedung perpustakaan diperlukan pengetahuan yang cukup tentang segala aspek yang merupakan ciri khas gedung perpustakaan yang bersangkutan, baik aktivitas yang seharusnya dijalankan maupun segi-segi teknologi yang telah masuk dalam dunia perpustakaan.
  3. Sifat-sifat khas masyarakat yang akan menggunakan perpustakaan serta hubungan perpustakaan dengan unit-unit lain dalam instansi penaungnya menuntut persyaratan-persyaratan khusus atas gedung perpustakaan.

Lain daripada hal-hal tersebut, Darmono dalam Suwarno (2011: 44) menyebutkan bahwa dalam pembangunan gedung perpustakaan agar dapat berfungsi dengan baik perlu memperhatikan unsur-unsur berikut:

  1. Untuk apa perpustakaan itu didirikan?
  2. Apa fungsi dan program yang akan dikerjakan?
  3. Berapa jumlah tenaga yang dibutuhkan?
  4. Siapa saja yang akan dilayani oleh perpustakaan?
  5. Bahan-bahan pustaka, perlengkapan, dan perabot apa saja yang akan ditampung dalam gedung itu?
  6. Berapa anggaran yang tersedia untuk itu?

Jika pembangunan gedung perpustakaan sudah memperhatikan hal-hal diatas dengan baik maka perpustakaan akan memiliki fungsionalitas yang tinggi. Fungsi-fungsi yang dimiliki perpustakaan dapat dimanfaatkan dengan baik, dengan demikian peran perpustakaan juga mampu berpengaruh pada lingkungan dimana gedung perpustakaan tersebut didirikan.

Perencanaan pembangunan gedung perpustakaan yang tepat juga tidak akan membuat pembangunan menggunakan sumber daya yang berlebih atau kurang. Perpustakaan menjadi tepat guna, jika pembangunan perpustakaan tidak memperhatikan hal-hal diatas, perpustakaan bisa tidak memiliki fungsional bahkan yang lebih buruk pembangunan gedung perpustakaan gagal dilakukan.


Referensi:
Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

68 + = 76