Peran dan Tugas Perpustakaan Secara Umum

Bangunan Perpustakaan

Perpustakaan telah memberikan kontribusi yang sangat baik dalam berbagai bidang. Perpustakaan sebacai tempat menyimpan koleksi bahan cetak dari berbagai pengetahuan mampu menyediakan informasi dan referensi bagi pihak yang membutuhkan. Tak hanya dalam bentuk cetak, dalam era teknologi saat ini perpustakaan juga hadir dalam bentuk e-library dimana koleksi disajikan secara digital dan dapat diakses kapan saja dan dimana saja.

Keberadaan perpustakaan juga sangat membantu dalam bidang pendidikan dan pembelajaran. Lihat saja, hampir di setiap institusi pendidikan dari Pendidikan Dasar bahkan pra-sekolah hingga perguruan tinggi terdapat perpustakaan yang diperuntukkan untuk mengakomodasi kebutuhan sumber belajar dan penyimpanan hasil karya cetak baik bacaan maupun ilmiah.

Selain visi dan misi tersendiri, perpustakaan juga memiliki peran dan tugas khusus. Peran dan tugas perpustakaan ini sangat terkait dengan pelayanan perpustakaan kepada masyarakat. Bagaimana keberadaan mampu dimanfaatkan dan memberikan pengaruh di lingkungan. Peran dan tugas perpustakaan ini sekaligus melengkapi fungsi-fungsi perpustakaan dalam masyarakat.

Peran Perpustakaan

Peran perpustakaan merupakan kedudukan, posisi, dan bagaimana perpustakaan memberikan pengaruh ke masyarakat di lingkungan perpustakaan. Suwarno (2011: 20) menyebutkan bahwa perpustakaan sebagai pusat informasi memiliki peran strategis di tengah masyarakat. Pada pandangan yang lebih luas perpustakaan dapat berperan sebagai agen perubahan, pembangunan, serta agen budaya dan pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

Tugas Perpustakaan

Dalam pendirian perpustakaan tentu disusun pula tugas-tugas apa yang harus dikerjakan. Sutarno dalam Suwarno (2011: 21) menyebutkan bahwa terdapat 3 tugas perpustakaan yang secara garis besar adalah sebagai berikut:

  1. Tugas menghimpun informasi meliputi kegiatan mencari, menyeleksi, dan mengisi perpustakaan dengan sumber informasi yang memadai dan lengkap baik dalam arti jumlah, jenis, maupun mutu yang disesuaikan dengan kebijakan organisasi, ketersediaan dana, dan keinginan pemakai serta mutakhir
  2. Tugas mengelola, meliputi proses pengolahan, penyusunan, penyimpanan, dan pengemasan agar tersusun rapi, mudah ditelusuri kembali (temu balik informasi) dan diakses oleh pemakai, serta merawat bahan pustaka
  3. Tugas memberdayakan dan memberikan layanan secara optimal

Meskipun saat ini perpustakaan masih kurang mampu dimanfaatkan masyarakat bahkan dalam pendidikan juga masih belum optimal, namun perpustakaan sudah mampu melaksanakan peran dan tugas secara umum dengan baik. Tugas perpustakaan sebagai pusat informasi dan menyimpan segala ilmu pengetahuan dan memberikan layanan kepada pengguna ini telah dilaksanakan dengan sangat baik oleh perpustakaan, masyarakat dari berbagai kalangan pengguna yang harus mampu memanfaatkan berbagai kekayaan ilmu pengetahuan dan informasi yang tersimpan di perpustakaan sehingga dalam masyarakat perpustakaan memiliki fungsi yang baik.


Referensi:
Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

48 − 45 =