Visi dan Misi Utama Perpustakaan

Bangunan Perpustakaan

Setiap instansi atau lembaga atau organisasi pendidikan pasti memiliki visi dan misi masing-masing. Visi dan misi tersebut yang nantinya menentukan kemana arah tujuan instansi atau organisasi dan sejenisnya didirikan. Tanpa adanya visi dan misi yang jelas maka sebuah organisasi tidak akan memiliki esensi mengapa organisasi tersebut ada. Meskipun memiliki tujuan, namun jika tidak memiliki visi dan misi maka meski tujuan tersebut tercapai namun hakikat dari pencapaian tujuan tersebut tidak ada inilah pentingnya visi dan misi.

Perpustakaan juga demikian, tentunya memiliki visi dan misi tersendiri yang menunjukkan manfaat maupun fungsi-fungsi perpustakaan terutama dalam masyarakat. Meskipun banyak perpustakaan yang posisinya berada pada instansi atau lembaga atau organisasi yang sudah memiliki visi dan misi sendiri, namun perpustakaan harus memiliki visi dan misi terpisah yang tentunya masih berkaitan dengan visi dan misi yang dimiliki instansi atau lembaga atau organisasi yang menaungi. Ini dikarenakan karena fungsi perpustakaan yang pada dasarnya berbeda namun tetap mendukung berjalannya kegiatan pada instansi atau lembaga yang mengelola perpustakaan tersebut.

Visi Perpustakaan

Visi merupakan pandangan mengenai masa depan yang dianggap ideal untuk dicapai. Suwarno (2011: 18) menyebutkan bahwa visi perpustakaan pada umumnya untuk mewujudkan masyarakat informasi atau masyarakat yang cerdas. Untuk perpustakaan sekolah memiliki visi secara umum menciptakan lulusan dan tamatan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berbudi luhur, berakhlak mulia, cerdas, serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi sebagai aset bangsa dan negara.

Lain hal lagi dengan visi perpustakaan di perguruan tinggi. Perpustakaan di perguruan tinggi memiliki visi yang tidak lepas dari pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pendidikan, penelitan dan pengebdian. Perpustakaan di perguruan tinggi dapat difungsikan secara umum sebagai perpustakaan penelitian (research library).

Misi Perpustakaan

Sebuah visi harus dijabarkan dalam misi. Misi merupakan penjabaran dari misi yang berupa langkah-langkah atau kegiatan yang ditempuh untuk mewujudkan dan melaksanakan visi. Suwarno (2011: 19) menjabarkan bahwa misi perpustakaan secara umumĀ adalah sebagai berikut:

  1. Menciptakan dan memantapkan kebiasaan membaca masyarakat sesuai dengan jenis perpustakaan dan pemakainya
  2. Mendukung pendidikan perorangan secara mandiri maupun pendidikan formal pada semua jenjang
  3. Memberikan kesempatan atau stimulasi bagi pengembangan kreativitas dan imajinasi pribadi maupun masyarakat
  4. Meningkatkan kesadaran terhadap warisan budaya, apresiasi seni, dan hasil temuan ilmiah
  5. Menyediakan akses pada ekspresi-ekspresi kebudayaan dan perubahan
  6. Mendorong dialog antar umat beragama oleh karena keaneka ragaman budaya
  7. Menyediakan layanan informasi sesuai dengan kebutuhan pemakainya
  8. Memberikan kemudahan kepada pengembangan informasi peningkatan ilmu pengetahuan dan keterampilan
  9. Mendukung dan berpartisipasi dalam program-program perpustakaan bagi masyarakat pemakainya
  10. Ikut serta dalam upaya mencerdaskan kehidupan bangsa dalam arti luas

Visi dan misi perpustakaan juga disesuaikan dengan konsep perpustakaan yang akan didirikan. Ya, visi misi perpustakaan hendaknya disusun ketika awal perencanaan pembangunan perpustakaan. Visi dan misi ini yang kemudian dijabarkan lagi dengan menyusun tujuan yang hendak dicapai sesuai dengan visi dan misi yang telah ditentukan. Saat ini banyak sekali muncul perpustakaan tematik seperti perpustakaan untuk sains saja atau perpustakaan untuk satu bidang ilmu tertentu. Visi dan misi pada perpustakaan tersebut juga harus disesuaikan dengan tema yang diusung dan tentu tidak terlepas juga dengan visi dan misi utama perpustakaan pada umumnya.


Referensi:
Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 3