Peranan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) dalam Pengelolaan Institusi Pendidikan Tinggi

Pendidikan harus dilaksanakan sebaik mungkin agar dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Keberhasilan pelaksanaan pendidikan ini menentukan masa depan sebuah bangsa. Jika mutu pendidikan baik, maka sumber daya manusia juga akan meningkat.

Institusi pendidikan harus melaksanakan program pendidikan dengan sebaik mungkin agar kualitas pendidikan semakin maju. Agar dapat melaksanakan pendidikan dengan sebaik mungkin maka perlu manajemen atau pengelolaan institusi yang baik. Manajemen ini juga mempengaruhi kredibilitas sebuah institusi pendidikan. Institusi pendidikan yang memiliki kualitas dan akreditasi yang baik dapat dipastikan memiliki sumberdaya dan manajemen pengelolaan pendidikan yang tertata dengan baik.

Perpustakaan Digital

Pada institusi pendidikan tinggi seperti universitas, akademi, dan sekolah-sekolah tinggi lainnya manajemen pendidikan diterapkan berbeda dengan institusi pendidikan menengah ataupun dasar karena lebih kompleks. Perlu dilakukan efisiensi pada pengelolaan secara menyeluruh agar manajemen dapat berjalan dengan baik dan institusi dapat berfokus pada pelaksanaan pendidikan.

Teknologi dengan perkembangannya yang begitu pesat dapat dimanfaatkan dalam menunjang pengelolaan institusi pendidikan tinggi. Dengan penerapan teknologi dalam institusi maka banyak peran dan prosedur yang dapat digantikan.

Peranan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) dalam pengelolaan institusi pendidikan tinggi tidak hanya diterapkan dalam administrasi seperti penyimpanan dan pengolahan data saja, namun juga dalam hal lain. Bisa dilihat sekarang ini bahwa hampir tiap institusi pendidikan tinggi memiliki gudang data digital juga perpustakaan digital atau e-library yang membuktikan bahwa teknologi informasi dan komunikasi sangat dibutuhkan dalam manajemen pendidikan tinggi pada hampir seluruh bidang.

Indrajit (2011: 40) menyebutkan Terdapat 5 peranan TIK terkait dengan proses penyelenggaraan dan pengelolaan manajemen institusi pendidikan tinggi, antara lain adalah:

  • TIK untuk mendukung aktivitas operasional dan administrasi
  • TIK untuk membantu proses pengambilan keputusan
  • TIK untuk menunjang aktivitas komunikasi dan interaksi antar pemangku kepentingan
  • TIK untuk memungkinkan terjadinya optimalisasi proses dan sumber daya
  • TIK untuk menjalin kemitraan strategis dengan pihak eksternal

Teknologi informasi dan komunikasi telah diterapkan dalam pengelolaan institusi pendidikan tinggi dalam berbagai hal dan menunjukkan bahwa aplikasinya dapat memberikan dampak positif. Institusi pendidikan tinggi biasanya membuat program yang terintegrasi yang memudahkan bagi karyawan, dosen hingga mahasiswa. Biasanya program ini secara umum dibedakan menjadi sistem manajemen dan sistem akademik.

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah banyak memberikan peranan dalam dunia pendidikan. Bukan hanya diterapkan dalam pembelajaran secara langsung saja, namun dalam pelaksanaan pengelolaan institusi pendidikan juga diperlukan sehingga dapat menunjang jalannya pembelajaran maupun perkuliahan.


Referensi:
Indrajit, Richardus Eko. 2011. Teknologi Informasi dan Perguruan Tinggi : Menjawab Tantangan Pendidikan Abad ke-21. APTIKOM
The following two tabs change content below.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

75 + = 83