Aspek-Aspek yang Terdapat pada Buku

Buku merupakan salah satu sumber ilmu untuk belajar yang berbentuk cetakan. Buku dapat digunakan untuk berbagai tujuan dan keperluan seperti laporan ilmiah, penuangan materi pembelajaran, hingga untuk tujuan hiburan. Dengan adanya buku manusia dengan mudah menuangkan pikiran dan membaginya dengan manusia lain.

Aspek-Aspek yang terkandung dalam Buku

Ada banyak hal yang dapat dituangkan dalam buku. Ini membuat buku menjadi salah satu karya cipta manusia yang penting. Melalui buku kebutuhan akan informasi, pengetahuan hingga hiburan dapat terpenuhi. Keberadaan perpustakaan ditengah masyarakat dan toko buku sebagai tempat koleksi berbagai macam buku menandakan bahwa buku merupakan sesuatu yang sangat penting juga kebutuhan masyarakat akan buku memang tinggi.

Dalam buku terdapat beberapa aspek penting. Suwarno (2012: 53) menjabarkan bahwa setidaknya ada 3 aspek yang terkandung dalam buku. Aspek-aspek yang terkandung dalam buku tersebut antara lain:

Aspek Karya (Creation)

Buku tercipta karena adanya proses berkarya seorang penulis. Penulis menyusun sebagai hasil karyanya yang berisi apa yang dipikirkan penulis yang dituangkan dalam bentuk cetak. Sebagai apresiasi bahwa buku merupakan sebuah karya maka diberikan hak cipta buku yang dapat dimiliki oleh penulis dimana penulis dilindungi dan bebas menentukan kebijakan terkait penggunaan terhadap buku yang ditulisnya.

Aspek Informasi (Information)

Dalam buku berisi informasi-informasi yang coba dikomunikasikan kepada masyarakat. Fakta-fakta baik yang sudah banyak diketahui maupun yang masih jarang ter-expose banyak disampaikan dalam buku dan masyarakat luas dapat dengan mudah menangkap informasi tersebut. Ini berarti bahwa buku menjadi alat penyampai komunikasi kepada pembacanya.

Aspek Pengetahuan (Knowledge)

Buku sebagai sebuah karya terkait erat dengan usaha untuk menyampaikan pengetahuan. Pengetahuan yang merupakan daya atau kemampuan intelektual manusia membutuhkan buku agar dapat dituangkan dan disampaikan kepada orang lain, tanpa ada buku maka pengetahuan manusia akan sulit disajikan dengan cara yang benar. Pengetahuan yang dituangkan dalam buku menjadi karya ilmiah yang dapat dipercaya dan dapat dipertanggung jawabkan.

Ketiga aspek yang terkandung dalam buku diatas merupakan aspek penting dimana pembaca dapat mengambil keuntungan dari membaca buku karena adanya ketiga aspek diatas. Namun perlu diingat bahwa menggunakan buku harus dengan cara yang benar perlu memperhatikan hak-hak penulis sebagai pemilik buku sehingga buku tetap menjadi karya cipta manusia yang penting dan memiliki daya guna tinggi.


Referensi:
Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 + 2 =