Isu-Isu Strategis Terkait Masalah Pendidikan Yang Muncul di Indonesia

Pendidikan merupakan sebuah hal yang vital pagi semua orang. Pentingnya pendidikan sangat berdampak pada kualitas sumber daya yang dihasilkan, dengan adanya pendidikan kualitas SDM menjadi lebih baik. Oleh karena itu setiap negara terutama di Indonesia, pendidikan mendapatkan perhatian khusus diberikan peraturan perundang-undangan khusus yang mengatur pendidikan dan mewajibkan setiap warga negara Indonesia dapat mendapatkan pendidikan formal paling tidak hingga jenjang pendidikan tingkat menengah.

Namun demikian pelaksanaan pendidikan di Indonesia tidaklah mudah. Berbagai macam sistem pendidikan dan kurikulum serta kebijakan pendidikan diterapkan secara bergantian agar kualitas pendidikan di Indonesia berkembang menjadi semakin baik.

Masalah-masalah lain juga banyak bermunculan dalam pelaksanaan pendidikan mengingat keberagaman dan kondisi geografis Indonesia yang terdiri banyak pulau. Menurut Wahab dalam Ali Muhammad (2017, 13) menyebutkan bahwa ada beberapa isu strategis terkait masalah pendidikan di Indonesia yaitu:

  1. Belum meratanya kesempatan pendidikan, baik secara kuantitas maupun kualitas. Kondisi geografis, sosial, dan budaya bangsa Indonesia yang sangat heterogen berkonsekuensi langsung terhadap ragamnya kondisi warga Indonesia. Ada yang mudah mengakses pendidikan, sebaliknya sangat banyak yang mengalami kesulitan mengakses pendidikan disebabkan berbagai kendala yang dihadapinya, terlebih-lebih dikaitkan dengan pemerataan mutunya.
  2. Kualitas lulusan pendidikan masih belum membanggakan pada semua jenjang. Pembangunan sektor pendidikan telah diupayakan dari tahun ke tahun sebagai upaya peningkatan pendidikan. Namun masih saja kualitas pendidikan secara nasional belum dapat membanggakan.
  3. Rendahnya kesiapan lulusan dalam memasuki kelanjutan studi dan kehidupan di masyarakat. Sudah banyak lulusan pendidikan pada semua jenjang telah dihasilkan, namun mereka tidak sepenuhnya memiliki kesiapan yang memadai, sehingga dapat dipahami manakala masih banyak lulusan yang merasa kesulitan dalam merebut peluang kerja, apalagi mengembangkan lapangan kerja sendiri.
  4. Lemahnya kinerja lembaga pendidikan pada semua jenjang. Manajemen pendidikan telah diupayakan dibenahi, baik infrastruktur maupun sistem, implementasi, dan evaluasinya. Namun masih sangat banyak lembaga pendidikan yang belum memiliki kemandirian dalam mengelola pendidikan secara produktif.

Isu-isu yang disebutkan diatas menjadi permasalahan mendasar pelaksanaan pendidikan Indonesia yang memang harus menjadikan prioritas penanganan. Pemerintah harus senantiasa memberikan solusi dengan kebijakan yang mendukung jalannya pendidikan agar lebih baik lagi disertai dengan pengawasan dan monitoring agar perencanaan program pendidikan dapat terlaksana dengan baik.

Jika pemerintah mampu mengatasi permasalahan diatas, maka pendidikan Indonesia akan jauh semakin maju dan menghasilkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas. Namun demikian usaha penanganan isu-isu ini harus dilaksanakan oleh semua pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan dengan sebaik mungkin agar permasalahan strategi pendidikan diatas dapat segera terselesaikan.


Referensi:
Ali, Muhammad. 2017. Kebijakan Pendidikan Menengah dalam Perspektif Governance di Indonesia. Malang: UB Press
The following two tabs change content below.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

53 − 45 =