Posisi atau Kedudukan Kurikulum dalam Pendidikan

Pendidikan merupakan sebuah bidang yang sangat penting serta perlu mendapat perhatian yang lebih dalam rangka membangun sebuah bangsa dan negara. Kualitas sumber daya manusia sebuah negara dapat dilihat dari sejauh mana negara tersebut menyelenggarakan pendidikan. Negara maju tentunya tidak main-main dan sangat memperhatikan bagaimana mereka menyelenggarakan pendidikan sehingga memiliki kualitas sumber daya manusia yang bagus.

Kedudukan Kurikulum

Salah satu kunci utama dalam penyelenggaraan pendidikan adalah kurikulum. Kurikulum menjadi sebuah bagian yang sangat penting dalam penyelenggaraan pendidikan. Tidak bisa dibayangkan bagaimana pendidikan nasional dapat diselenggarakan tanpa adanya kurikulum.

Dalam bukunya Lismina (2017: 4) menyebutkan bahwa kedudukan kurikulum dalam pendidikan adalah sebagai berikut

  1. Kurikulum mempunyai kedudukan sentral dalam seluruh proses pendidikan. Kurikulum bertujuan sebagai arah, pedoman, atau sebagai rambu-rambu dalam pelaksanaan proses pembelajaran (belajar mengajar). Kurikulum mengarahkan segala bentuk aktivitas pendidikan demi tercapainya tujuan-tujuan pendidikan.
  2. Kurikulum merupakan suatu rencana pendidikan, memberikan pedoman dan pegangan tentang jenis, lingkup, dan urutan isi serta proses pendidikan.
  3. Kurikulum merupakan suatu bidang studi yang ditekuni oleh para ahli atau spesialis kurikulum yang menjadi sumber konsep-konsep atau memberikan landasan-landasan teoritis bagi pengembangan kurikulum berbagai institusi pendidikan.

Esensi kurikulum sangat jelas disebutkan bahwa dalam kurikulum mengatur bagaimana pendidikan akan dijalankan mulai dari tahap perencanaan hingga proses pelaksanaan pendidikan. Pendidikan yang dilaksanakan tanpa perencanaan dan pedoman akan terlaksana dengan tanpa arah, tidak tahu apa yang harus dilakukan dan tujuan apa yang hendak dicapai. Perencanaan dan pedoman ini yang harus dituangkan dalam kurikulum yang dijadikan acuan dalam sistem pendidikan.

Kurikulum disusun sebelum pendidikan dimulai diterapkan saat penyelenggaran pendidikan dan dikembangan seiring berjalan waktu mengikuti dengan kondisi yang ada.

Kurikulum juga merupakan sebuah bidang studi yang menjadi disiplin untuk ahli pendidikan dimana teori-teori dipelajari untuk pengembangan kurikulum. Mengapa ini sangat penting, karena adanya perkembangan teknologi dan peradaban yang tentunya juga harus diikuti dengan pengembangan sistem pendidikan dan kurikulum. Apa jadinya jika teknologi dan zaman yang sudah maju masih menggunakan kurikulum lawas yang tidak dikembangkan, tentunya pendidikan yang dilaksanakan menjadi tidak relevan lagi.


Referensi:
Lismina. 2017. Pengembangan Kurikulum. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia
The following two tabs change content below.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 + = 12