Fungsi-Fungsi Perpustakaan dalam Masyarakat

Banyak yang mengatakan bahwa perpustakaan adalah gudang atau sumber ilmu. Hal ini sangat benar, perpustakaan menyimpan banyak sekali referensi dari seluruh bidang ilmu. Jika seseorang membutuhkan referensi atau informasi mengenai suatu hal maka perpustakaan bisa menjadi sumber utama informasi tersebut.

Perpustakaan banyak dikenal hanya sebagai tempat penyimpanan buku-buku, jurnal, maupun sumber referensi cetak lain namun yang sebenarnya bahwa perpustakaan bukan hanya menyimpan tapi juga menyajikan kepada khalayak umum agar apa yang disimpan di perpustakaan tersebut dapat diakses dan digunakan dengan leluasa.

Masyarakat menggunakan perpustakaan

ilustrasi diambil dari thehindu.com

Pada perkembangannya, perpustakaan bukan hanya berisi referensi-referensi ilmiah dan sumber cetak lainnya saja, namun juga dipergunakan untuk menyimpan hasil karya lain yang diciptakan masyarakat. Perpustakaan juga bermanfaat untuk merekam kebudayaan dan berbagai manfaat lain. Perkembangan teknologi juga membuat perpustakaan tidak hanya menyajikan informasi cetak saja, namun juga yang berupa digital sehingga perpustakaan semakin memudahkan masyarakat.

Keberadaan perpustakaan memang sangat bermanfaat bagi masyarakat. Banyak sekali fungsi adanya perpustakaan ditengah masyarakat. Sulistyo-Basuki (1991) menyebutkan terdapat 5 fungsi perpustakaan dalam masyarakat yaitu:

Fungsi Simpan Karya

Perpustakaan berfungsi untuk menyimpan hasil karya yang dicipttakan masyarakat. Adapun hasil karya yang dapat disimpan diperpustakaan umumnya adalah karya cetak dan karya yang dapat direkam lainnya.

Fungsi Informasi

Perpustakaan harus dapat memberikan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat. Masyarakat yang datang ke perpustakaan dapat mencari dan mendapatkan informasi sesuai apa yang dibutuhkannya secara lengkap. Perpustakaan juga hendaknya mampu menyajikan informasi yang layak dikonsumsi masyarakat. Masyarakat bisa juga memberikan informasi kepada perpustakaan sehingga informasi tersebut dapat dibagikan kepada masyarakat lainnya.

Fungsi Pendidikan

Keberadaan perpustakaan selaras dengan tujuan pendidikan. Perpustakaan sangat bermanfaat untuk menunjang proses pembelajaran. Perpustakaan menyediakan sumber-sumber belajar dan materi-materi pembelajaran.

Fungsi Rekreasi

Perpustakaan juga mampu menyajikan informasi yang menyenangkan dan menghibur bagi penggunanya. Masyarakat yang datang ke perpustakaan dapat merasakan suasana yang nyaman dan situasi yang kondusif untuk menerima informasi yang dicari.

Fungsi Kultural

Merupakan fungsi perpustakaan sebagai media untuk melestarikan kebudayaan yang ada di masyarakat. Perpustakaan juga dapat digunakan sebagai tempat mengembangkan kebudayaan itu sendiri. Informasi yang didapat dari perpustakaan dapat digunakan untuk memberi nilai tambah pada tatanan sosial budaya yang sudah ada.

Sejalan dengan perkembangan zaman, menurut Suwarno (2011: 27) fungsi-fungsi perpustakaan diatas juga mengalami perubahan namun tidak meninggalkan esensi dari fungsi yang lama. Perubahan fungsi-fungsi tersebut adalah seperti dalam tabel berikut:

FUNGSI
LAMA

FUNGSI
BARU

Simpan Karya

Simpan Saji Karya

Informasi

Pusat Sumber Daya Informasi

Pendidikan

Pusat Belajar dan Penelitian

Rekreasi

Rekreasi dan Re-Kreasi

Kultural

Pengembangan Kultural

Dengan fungsi-fungsi vital tersebut menjadikan perpustakaan merupakan sesuatu yang harus ada. Akan sangat sulit sekali mencari referensi dan informasi pengganti perpustakaan, memang sekarang sudah ada internet sebagai sumber informasi lainnya, namun perpustakaan merupakan wujud nyata adanya kebenaran informasi dan referensi dari seluruh bidang.


Referensi:
Sulistyo-Basuki. 1991. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia
Suwarno, Wiji. 2011. Perpustakaan & Buku: Wacana Penulisan & Penerbitan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 5 = 1