Manfaat Penerapan Teknologi Informasi pada Perpustakaan

Perkembangan teknologi yang makin cepat dan penerapannya dalam banyak hal membuat banyak bidang menjadi terbantu karena adanya teknologi ini. Penerapan teknologi dalam berbagai bidang mampu memberikan manfaat dan kemudahan bagi masyarakat banyak.

Penerapan teknologi pada perpustakaan memberikan pengaruh banyak terutama dalam pengelolaan pepustakaan. Bentuk perpustakaan sendiri tidak melulu berupa gedung atau ruangan yang menyajikan koleksinya dalam bentuk cetak, dengan adanya teknologi koleksi perpustakaan dapat disajikan dalam bentuk digital yang dapat diakses dimana saja dan kapan saja.

digital library

Manajemen perpustakaan juga jauh lebih mudah dilakukan berkat penerapan teknologi. Dengan komputerisasi, pegawai perpustakaan atau pustakawan tidak perlu lagi secara manual mencatat log aktivitas kunjungan atau peminjaman. Cukup meninputkan data pada komputer dan komputer yang akan mencatatnya, bahkan dapat dilakukan secara otomatis dengan penerapan scan barcode.

Kita dapat melihat bahwa memang penerapan teknologi mampu memberikan manfaat secara langsung untuk perpustakaan. Berikut merupakan manfaat yang bisa dipetik dari penerapan teknologi informasi di perpustakaan.

  • Mengefisiensikan dan mempermudah pekerjaan dalam perpustakaan
  • Memberikan layanan yang lebih baik kepada pengguna perpustakaan
  • Meningkatkan citra perpustakaan
  • Pengembangan infrastruktur nasional, regional, dan global (2008:23)

Dengan melihat manfaat baiknya penerapan teknologi pada perpustakaan maka akan sangat bagus jika setiap perpustakaan mampu menerapkan teknologi ini sesuai dengan kebutuhan tanpa meninggalkan esensi perpustakaan itu sendiri. Kemudahan yang ditawarkan dengan penerapan teknologi ini juga wajib disadari dan diantisipasi karena dapat menimbulkan efek yang kurang baik, contohnya karena kemudahan akses secara digital, pengunjung menjadi malas atau tidak mau lagi mengunjungi perpustakaan secara langsung karena apa yang mereka cari dapat ditemui dengan mudah secara online.

Inilah tantangan yang harus dihadapi dalam pengembangan perpustakaan dan penerapan teknologinya. Perpustakaan harus dirancang dengan sistem yang baik sehingga pengguna dapat merasakan manfaat penerapan teknologi yang digunakan.

Referensi:
Supriyanto, Wahyu dan Ahmad Muhsin. 2008. Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 + = 9