Jenis Perpustakaan Sesuai Penerapan Teknologi

Perpustakaan merupakan sebuat tempat dimana terdapat koleksi berbagai jenis literatur dan referensi ilmiah yang dapat dijadikan sumber belajar yang sangat lengkap. Keberadaan perpustakaan sangat sejalan dengan pelaksanaan pendidikan dimana dalam pembelajaran sangat membutuhkan banyak sumber belajar yang sebagian besar merupakan koleksi perpustakaan. Untuk itu setiap institusi pendidikan pasti memiliki perpustakaan yang dikelola untuk menempatkan sumber referensi yang dapat mendukung jalannya pembelajaran.

Di tingkat perguruan tinggi bentuk perpustakaan bisa lebih beragam, selain memiliki perpustakaan universitas, biasanya masing-masing jurusan juga masih memiliki perpustakaan sendiri. Sebuah perguruan tinggi biasanya juga memiliki sebuah perpustakaan dalam bentuk digital untuk menyimpan jurnal, penelitian hingga karya ilmiah hasil karya mahasiswa dan dosen. Model digital library seperti ini biasanya dirancang dan disajikan dalam sebuah website agar dapat diakses oleh siapapun dan dimanapun yang terhubung ke internet.

digital library

Jika kita lihat, teknologi sepertinya cukup memberikan pengaruh terhadap perpustakaan. Dengan adanya teknologi perpustakaan tidak hanya dapat menyimpan koleksi dalam bentuk cetak saja, namun juga dalam bentuk lain seperti CD/DVD, alat peraga, hingga bentuk digital. Kehadiran teknologi juga membuat manajemen perpustakaan menjadi berbeda, monitoring terhadap koleksi yang dimiliki dapat dipermudah dengan adanya sistem komputer.

Disebutkan dalam bukunya Wahyu Supriyanto dan Ahmad Muhsin (2008: 18) bahwa terdapat klasifikasi pembagian perpustakaan sesuai penerapan teknologi yang digunakan yaitu:

  • Perpustakaan tradisional yaitu perpustakaan yang sudah sering kita lihat dengan berbagai rak koleksi buku serta pencatatan manual oleh petugas pustakawan
  • Perpustakaan terotomasi yaitu perpustakaan yang dalam pengelolaannya (pencatatan, perekapan, dan pencetakan) sudah menggunakan teknologi komputer
  • Perpustakaan digital yaitu perpustakaan dengan sistem informasi mananajemen menggunakan teknologi informasi ditambah koleksi-koleksi digital baik berupa jurnal, ebook, CD audio, maupun koleksi video

Dapat kita lihat bahwa dengan penerapan teknologi pada perpustakaan, memungkinkan perpustakaan untuk berkembang mengikuti perkembangan teknologi. Perpustakaan sekarang ini tidak hanya menyajikan koleksi cetak lalu pengguna datang dan mencari satu demi satu buku referensi di perpustakaan, namun juga bisa dirancang agar pengguna lebih mudah mencari literatur dan referensi bahkan pengguna dapat mengakses perpustakaan digital dimanapun dan kapanpun tanpa harus datang ke perpustakaan.

Dengan penerapan teknologi untuk perpustakaan ini tentu diharapkan agar pengguna dapat lebih mudah dalam menggunakan perpustakaan. Perpustakaan juga semakin dipermudah dalam pengelolaan serta mampu menjaring lebih banyak pengguna dengan kemudahan yang ditawarkan dengan adanya teknologi.


Referensi:
Supriyanto, Wahyu dan Ahmad Muhsin. 2008. Teknologi Informasi Perpustakaan. Yogyakarta: Kanisius
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 8 = 2