Kegunaan Media Pembelajaran

Media pembelajaran sekarang ini telah menjadi bagian yang sangat vital dalam proses belajar mengajar. Hampir pada setiap pembelajaran dapat kita temui penggunaan media pembelajaran. Tidak mengherankan karena memang media pembelajaran sangat membantu baik bagi guru maupun peserta didik dalam rangka mencapai tujuan belajar dengan lebih baik dan lebih cepat.

Memilih Media Pembelajaran

Ketergantungan proses belajar mengajar terhadap media pembelajaran bukanlah sesuatu yang buruk, justru pemanfaatan media pembelajaran dalam proses belajara mengajar ini banyak memberikan efek yang positif. Tentunya agar media pembelajaran dapat memberikan efek yang positif dan berdaya guna harus diperhatikan banyak hal agar pembelajaran yang menggunakan media pembelajaran dapat berjalan dengan baik.

Drs. Rudi Susilana, M.Si. & Cepi Riyana, M.Pd. dalam bukunya Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian (2009, 9) secara umum media pembelajaran memiliki kegunaan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Memperjelas pesan agar tidak terlalu verbalistis
  2. Mengatasi keterbatasan ruang, waktu tenaga dan daya indera
  3. Menimbulkan gairah belajar, interaksi lebih langsung antara murid dengan sumber belajar
  4. Memungkinkan anak belajar mandiri sesuai dengan bakat dan kemampuan visual auditor dan kinestetiknya
  5. Memberi rangsangan yang sama, mempersamakan pengalaman dan menimbulkan persepsi yang sama

Media pembelajaran memberikan sumbangsih langsung terhadap proses belajar mengajar. Efek yang ditimbulkanpun juga dapat dirasakan secara langsung, dimana peserta didik atau siswa dapat secara langsung terlihat perkembangan belajarnya ketika menggunakan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar.

Namun demikian penggunaan media pembelajaran harus direncanakan dan disesuaikan dengan kebutuhan pembelajaran. Ini bertujuan agar media pembelajaran dapat berfungsi dengan baik dan tidak menimbulkan efek negatif baik bagi guru, peserta didik, maupun proses belajar mengajar itu sendiri. Perencanaan penggunaan media pembelajaran yang baik akan membuat media pembelajaran berguna bukan hanya untuk pembelajaran saat itu saja, namun juga untuk pembelajaran dimasa mendatang.


Referensi:
Susilana, Rudi dan Cepi Riyana. 2009. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

95 − 85 =