Kondisi yang Memungkinkan Untuk Melakukan Inovasi Dalam Pendidikan

Inovasi merupakan sebuah hal penting yang harus ada dalam setiap bidang. Dengan adanya inovasi maka akan menunjukkan bahwa bidang tersebut mengalami perkembangan dan tidak mengalami stagnasi. Termasuk dalam bidang pendidikan, sudah banyak inovasi dilakukan dan diciptakan oleh pelaku pendidikan secara langsung maupun tidak langsung, terencana maupun tidak.

Inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran tentunya bertujuan untuk semakin mempermudah dalam pencapaian tujuan. Perkembangan teknologi dan informasi yang semakin pesat sangat mendukung dilakukan inovasi dalam bidang pendidikan dan pembelajaran.

Menciptakan Inovasi dalam Bidang Pendidikan

Namun untuk melakukan inovasi, tidak sembarang bisa dilakukan dan terjadi begitu saja. Ada beberapa kondisi yang tepat untuk melakukan sebuah inovasi. Dalam bukunya Tilaar (1998:365) menyebut bahwa suatu konsep inovasi tidak akan terjadi dengan sendirinya, terdapat kondisi-kondisi tertentu agar inovasi dapat terjadi, antara lain adalah:

  • Inovasi adalah suatu hasil kerja. Inovasi menuntut suatu keberanian untuk bertindak yang didukung oleh suatu pemikiran konseptual yang berencana dan tentunya dengan tujuan bahwa kegiatan yang dilakukan dapat menghasilkan sesuatu
  • Inovasi harus berdiri atas kekuatan sendiri. Seorang inovator memiliki keyakinan dan teguh atas apa yang diperbuat dan apa yang diharapkan dari tindakannya.
  • Inovasi merupakan suatu efek dalam ekonomi dan masyarakat, artinya inovasi harus dekat dengan pasar atau dengan kebutuhan pasar. Inovasi harus sesuai dengan kebutuhan dan permintaan pasar.

Terlihat bahwa inovasi tercipta utamanya karena 3 kondisi yaitu adanya tujuan yang harus dicapai, pelaku inovasi (inovator) yang tahu dan bertanggung jawab atas apa yang dilakukan, serta adanya kebutuhan untuk terhadap inovasi itu sendiri. Inovasi tanpa tujuan tentunya tidak akan bermakna apa-apa. Tidak adanya tujuan menjadikan inovasi yang terlihat bagus sekalipun tidak memiliki kontribusi karena tidak ada ukuran terhadap apa yang hendak dicapai.

Inovasi harus dilakukan oleh orang yang tau terhadap inovasi tersebut. Tidak semua orang dapat melakukan inovasi dengan baik, inovasi yang ada harus dilakukan uji coba agar dapat diterapkan secara umum dan hanya orang yang mengerti terhadap inovasi tersebut yang dapat melakukan. Sehingga nantinya inovasi yang telah diterapkan benar-benar dapat memberikan pengaruh yang baik terhadap pencapaian tujuan dan dapat dipertanggung jawabkan.

Inovasi dalam pendidikan sangat tergantung pada kondisi yang ada. Inovasi yang tercipta pada sebuah keadaan belum tentu dapat diterapkan dalam keadaan lainnya. Oleh karena itu inovasi bersifat situasional sesuai dengan kebutuhan. Inovasi harus dilakukan dengan melihat keadaan yang ada, tidak perlu muluk-muluk melihat keadaan global, cukup dimulai dari mencoba merubah keadaan sekitar yang ada ke arah yang lebih baik melalui inovasi.

Kondisi-kondisi diatas juga masih tergantung hal-hal lain agar inovasi dapat dilakukan. Jangan sampai melakukan hal-hal yang menjadikan inovasi menjadi tidak bisa dilaksanakan. Inovasi sangat baik dilakukan, namun tetap harus disesuaikan dengan kondisi yang ada dan perencanaan yang baik.


Referensi:
Tilaar, HAR. 1998. Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Nasional dalam Perspektif Abad 21. Magelang: Tera Indonesia
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

98 − = 96