3 Jenis Perencanaan Pendidikan Berdasarkan Jangka Waktu

Pendidikan merupakan sebuah hal yang saat ini telah menjadi kebutuhan dan kewajiban untuk dilaksanakan dengan baik. Dalam pelaksanaan pemerintahan, masing-masing negara memberikan perhatian dan prioritas di bidang pendidikan. Ini dikarenakan pendidikan mampu memberikan pengaruh positif bagi negara.

Pendidikan yang dilaksanakan dengan baik akan menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas. Dengan sumber daya manusia yang berkualitas maka dapat membangun sebuah negara menjadi lebih maju dan berkembang dari sebelumnya. Pendidikan memang menunjukkan tingkat kemajuan sebuah negara, negara dengan tingkat pendidikan yang tinggi rata-rata merupakan negara yang maju.

Perencanaan Pendidikan Nasional

Di Indonesia pendidikan juga mendapatkan perhatian dan prioritas. Berbagai kebijakan dan peraturan dibuat sebagai acuan pelaksanaan sistem pendidikan di Indonesia. Bahkan alokasi untuk anggaran pendidikan hingga mencapai 20% dari APBN.

Dengan memahami pentingnya pendidikan maka pendidikan harus dilaksanakan dengan sangat serius bahkan dimulai dari perencaan yang serius. Perencanaan pendidikan berarti proses pembuatan rancangan bentuk pendidikan yang akan dilaksanakan, jadi pendidikan nantinya dilaksanakan mengacu berdasarkan rancangan yang telah dibuat ketika proses perencanaan.

Menurut jangka waktunya, perencanaan pendidikan disusun dalam 3 rentang waktu pelaksanaan pendidikan yaitu:

  • Perencanaan Jangka Panjang 11-30 Tahun
  • Perencanaan Jangka Menengah 5-10 Tahun
  • Perencanaan Jangka Pendek 1-4 Tahun

Ketiga bentuk perencanaan tersebut diatas saling berkaitan karena perencanaan jangka pendek merupakan bagian dari perencanaan jangka menengah dan keduanya merupakan bagian dari perencanaan jangka panjang. (Somantri dalam Hermawan, 2017: 4)

Perencanaan pendidikan diperlukan agar pendidikan dapat dilaksanakan berdasarkan acuan dan tidak dilaksanakan secara sembarangan. Pelaksanaan pendidikan sangat mempengaruhi hasil dan kualitas pendidikan yang dicapai, untuk itu sangat perlu disusun perencanaan yang matang.

Dalam masing-masing jangka waktu perencanaan juga ditentukan tujuan pendidikan. Jadi sesuai dengan jenis jangka waktu perencanaan pendidikan, tujuan pendidikan juga memiliki 3 jenis yaitu tujuan pendidikan jangka pendek, tujuan pendidikan jangka menengah, dan tujuan pendidikan jangka panjang.

Perencanaan yang baik juga menentukan apakah pelaksanaan pendidikan yang dilakukan dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Maka dari itu, evaluasi pendidikan juga penting untuk turut dicantumkan dalam perencanaan. Dengan demikian perencanaan pendidikan baik jangka pendek, menengah, maupun jangka panjang mencakup apa-apa saja yang harus dilaksanakan untuk pendidikan mulai dari awal seperti strategi, anggaran hingga tujuan dan bagaimana menentukan keberhasilan pendidikan yang dilaksanakan.


Referensi:
Hermawan, Ida Kintamani Dewi. 2017. Metode Menyusun Proyeksi Siswa dalam Perencanaan Pendidikan. Yaogyakarta: Deepublish

 

The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

34 − = 32