Tujuan dan Manfaat Dilakukan Sertifikasi Guru

Kesejahteraan guru di Indonesia masih menjadi pekerjaan rumah bagi pelaksanaan pendidikan. Masih banyak guru yang mengabdi untuk pendidikan namun belum mampu mendapatkan penghargaan yang layak atas kinerjanya. Dilain sisi, banyak guru yang sudah mendapatkan penghasilan yang layak namun memiliki kinerja yang tidak sesuai dengan apa yang diterima.

Guru Profesional Memiliki Sertifikat Mengajar

Dengan munculnya masalah diatas, maka muncul banyak program yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas guru yang memang benar-benar layak untuk mengajar, salah satunya adalah dengan sertifikasi guru. Sertifikasi guru merupakan sebuah program dimana guru akan dimonitoring dan diuji secara berkala dengan menggunakan alat uji yang telah ditetapkan pemerintah. Guru yang ideal dan layak akan mendapatkan sertifikat kelayakan mengajar sebagai bukti bahwa guru tersebut memang layak mengajar dan mendapatkan penghargaan yang pantas.

Sertifikasi guru akan menciptakan mampu sumber daya pengajar yang semakin baik. Hal ini disebabkan karena guru akan selalu berusaha untuk mampu mencapai batas kemampuan minimal yang diperlukan untuk sertifikasi.

Dalam buku Sujanto (2009: 8-9) dijelaskan bahwa ada dasarnya pelaksanaan sertifikasi guru mempunyai banyak tujuan. Berikut ini beberapa tujuan utama sertifikasi guru.

Menentukan kelayakan guru sebagai agen pembelajaran

Sebagai agen pembelajaran berarti guru menjadi pelaku dalam proses pembelajaran. Guru yang sudah menerima sertifikat pendidik dapat diartikan sudah layak menjadi agen pembelajaran

Meningkatkan proses dan mutu pendidikan

Mutu pendidikan antara lain dapat dilihat dari mutu siswa sebagai hasil proses pembelajaran. Mutu siswa ini diantaranya ditentukan dari kecerdasan, minat, dan usaha siswa yang bersangkutan. Guru yang bermutu dalam arti berkualitas dan profesional menentukan mutu siswa

Meningkatkan martabat guru

Dari bekal pendidikan formal dan juga berbagai kegiatan guru yang antara lain ditunjukkan dari dokumentasi data yang dikumpulkan dalam proses sertifikasi maka guru akan mentransfer lebih banyak ilmu yang dimiliki kepada siswanya. Secara psikologis kondisi tersebut akan meningkatkan martabat guru yang bersangkutan

Meningkatkan profesionalisme

Guru yang profesional antara lain dapat ditentukan dari pendidikan, pelatihan, pengembangan diri, dan berbagai aktivtas lainnya yang terkait denga profesinya. Langkah awal menjadi guru profesional dapat ditempuh dengan mengikuti sertifikasi guru.

Sedangkan untuk manfaat utama dari sertifikasi guru adalah sebagai berikut

  • Melindungi profesi guru dari praktik-pratik yang merugikan citra profesi guru
  • Melindungi masyarakat dari praktik pendidikan yang tidak berkualitas dan profesional (Sujanto, 2009: 9-10)

Melihat dari tujuan dan manfaat adanya sertifikasi guru, maka program ini harus dilaksanakan dengan sebaik mungkin dan berkelanjutan. Guru akan semakin terpacu untuk memberikan yang terbaik bagi pendidikan. Ini dapat membuat pelaksanaan pendidikan menjadi jauh lebih cepat dalam rangka pencapaian tujuan.

Tidak hanya dalam pelaksanaan kewajiban guru, sertifikasi guru juga memberikan jaminan bagi kesejahteraan guru. Guru yang menerima sertifikasi dipastikan akan mampu mendapatkan penghidupan yang layak sebagai penghargaan atas kinerja dan kontribusinya dalam mendidik.


Referensi:
Sujanto, Bedjo. 2009. Cara Efektif Menuju Setifikasi Guru. Jakarta: Raih Asa Sukses
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

71 − = 63