Pergeseran-Pergeseran dalam Pembelajaran karena Pengaruh Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Pergeseran Dalam Pembelajaran karena Teknologi

Pembelajaran dilaksanakan sebagai pelaksanaan pendidikan. Mengingat pentingnya pendidikan, maka pembelajaran harus dilaksanakan dengan baik agar tujuan pendidikan dapat dicapai dengan baik. Agar pembelajaran dan pendidikan berjalan dengan baik, ada banyak hal yang dapat dilakukan untuk mendukung pembelajaran yang dilakukan. Termasuk dengan adanya perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang sangat pesat juga berperan dalam proses pembelajaran.

Teknologi informasi dan komunikasi telah memberikan banyak pengaruh pada dunia pendidikan. Termasuk pembelajaran telah banyak mengalami perubahan semenjak perkembangan teknologi semakin lama semakin berkembang cepat. Contoh saja sekarang sudah hampir pada setiap pembelajaran menggunakan sumber dan media pembelajaran yang berbasis teknologi, bahkan dalam manajemen pembelajaran, peran teknologi informasi dan komunikasi tidak dapat dipisahkan.

Teknologi informasi dan komunikasi memberikan dampak yang revolusioner dalam dunia pendidikan. Sudah tidak asing lagi bahwa pembelajaran tidak perlu lagi dilakukan secara tatap muka. Konsep e-learning mulai banyak diterapkan dalam pembelajaran, dengan memanfaatkan internet, proses pembelajaran sudah dapat dilakukan. Dengan konsep dan pelaksanaan yang baik elearning dapat menjadi lebih efektif dan efisien dibandingkan dengan pembelajaran konvensional.

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) juga mengakibatkan beberapa pergeseran yang terjadi dalam proses pembelajaran sebagai akibat dari pengaruhnya. Pergeseran-pergeseran tersebut bukan berarti sesuatu yang buruk, justru dapat lebih mendukung jalannya pembelajaran sehingga tujuan pembelajaran dapat dicapai lebih mudah. Rosenberg dalam Sutopo (2012: 27) menyebutkan bahwa dengan berkembangnya penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi terdapat setidaknya 5 pergeseran di dalam proses pembelajaran, yaitu:

  • Pergeseran dari pelatihan ke penampilan
  • Pergeseran dari ruang kelas ke dimana dan kapan saja
  • Pergeseran dari kertas ke online atau saluran
  • Pergeseran fasilitas fisik ke fasilitas jaringan kerja
  • Pergeseran dari waktu siklus ke waktu nyata

Di era teknologi sekarang ini kecepatan dan kemudahan untuk melakukan interaksi dan komunikasi merupakan kunci dalam mendukung proses pembelajaran. Tidak dapat dipungkiri bahwa pengaruh teknologi begitu besar hingga mampu menyebabkan beberapa pergeseran dalam pembelajaran. Hal ini membuat pengguna semakin mudah mengakses informasi serta apa yang dibutuhkan dalam pembelajaran.

Namun tentunya kemudahan yang dimiliki teknologi ini hendaknya tidak menjadi bumerang dalam pembelajaran yang dapat mengakibatkan gagalnya proses pembelajaran yang dilakukan. Dibalik segala kemudahan dan keunggulan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi tentu ada sisi buruk dimana diperlukan pengendalian terhadap bagian buruk dari teknologi. Kita tahu sendiri bahwa banyak sekali yang memanfaatkan teknologi untuk menyebar informasi palsu yang tidak dapat dibenarkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Pengendalian penggunaan teknologi untuk pembelajaran tetap harus dilakukan agar teknologi tetap memberikan dampak positif bagi pendidikan.


Referensi:
Sutopo, Ariesto Hadi. 2012. Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

65 − 55 =