Sudut Pandang Konsep Pengertian Pendidikan dalam Berbagai Disiplin Ilmu

Salah satu hal yang penting untuk setiap manusia adalah pendidikan. Pendidikan menjadi bidang yang mendapatkan perhatian khusus pada sebuah negara. Pemerintahan sebuah negara yang peduli dengan masyarakatnya akan mengusahakan bagaimana agar setiap warga negara mendapatkan pendidikan yang layak dan merata. Pendidikan mampu membentuk karakter bangsa yang beradab, maka sangat lazim jika setiap negara berlomba-lomba menerapkan sistem pendidikan yang terbaik agar mendapatkan kualitas warga negara dan karakter bangsa yang baik.

Pendidikan menurut UU Nomor 20 Tahun 2003 adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.

Dari pengertian tersebut dapat dipahami bahwa pendidikan bukan hanya bertujuan untuk menjadikan peserta didik menjadi pandai saja, namun juga mampu mengembangkan potensi, memiliki akhlak dan hal-hal yang telah disebutkan dalam pengertian diatas. Dari pengertian tersebut, bermakna bahwa pendidikan berlaku secara umum, pengertian pendidikan bukan hanya untuk bidang tertentu saja meskipun bidang ilmu memiliki konsep pendidikan masing-masing.

Pengertian Pendidikan dari Berbagai Sudut Pandang Bidang Keilmuan

Pengertian pendidikan juga dapat dipahami dari pendekatan monodisipliner, Sary (2015: 2-3) menyebutkan dimana konsep pendidikan dilihat dalam berbagai disiplin keilmuan, antara lain:

  • Sosiologi, yaitu melihat pendidikan dari aspek sosial, pendidikan berarti proses sosialisasi individu
  • Antropologi, yaitu melihat pendidikan dari aspek budaya, pendidikan berarti sarana pertumbuhan budaya
  • Psikologi, yaitu melihat pendidikan dari aspek tingkah laku, pendidikan berarti proses perubahan tingkah laku individu secara optimal
  • Ekonomi, yaitu melihat pendidikan sebagai usaha penanaman modal insani (human investment)
  • Politik, yaitu melihat pendidikan sebagai usaha pembinaan kader bangsa
  • Agama, yaitu melihat pendidikan sebagai pengembangan kepribadian manusia secara utuh sebagai hamba Tuhan

Dengan setiap disiplin ilmu memiliki pandangan terhadap konsep pendidikan masing-masing maka masing-masing disiplin ilmu juga memiliki misi atau tujuan dalam hal memberikan pendidikan kepada siapa saja yang mempelajari disiplin ilmu tersebut. Selain disiplin ilmu diatas,

Dalam materi pada masing-masing disiplin ilmu sering kali dikaitkan atau dimasukkan materi dari disiplin ilmu lainnya karena konsep pendidikan secara umum pada dasarnya merupakan gabungan dari sudut pandang masing-masing monodisipliner yang dipandang secara umum. Sehingga dalam bidang pendidikan tidak membedakan antara bidang ilmu satu dengan bidang ilmu lain. Meskipun berbeda rumpun ilmu, namun ketika ada korelasi atau hubungan dengan rumpun ilmu lain dapat ditelaah lebih lanjut dan berlaku konsep pendidikan secara umum.


Referensi:
Sary, Yessy Nur Endah. 2015. Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

 

The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

45 − = 35