Ragam Pengetahuan Yang Dapat Diperoleh Melalui Internet Bagi Dosen Perguruan Tinggi

Penerapan teknologi internet dalam pelaksanaan pendidikan di perguruan tinggi memberikan pengaruh yang membuat makin banyak variasi dan kemudahan dalam pelaksanaan baik manajemen maupun pembelajaran langsung. Penggunaan internet di kalangan universitas sudah menjadi kebutuhan. Sistem manajemen dan akademik perguruan tinggi saat ini mayoritas sudah terintegrasi dan dapat diakses dengan menggunakan internet.

Dalam hal pelaksanaan perkuliahan, baik mahasiswa maupun dosen dapat menggunakan internet untuk mencari bahan perkuliahan serta referensi mengenai apa yang dipelajari sebagai materi utama maupun materi pelengkap saja. Saat ini sudah banyak platform website yang tersedia di internet yang dirancang untuk memberikan akses konten yang menunjang mata perkuliahan di perguruan tinggi. Bahkan sesama pengguna internet dapat saling berbagi referensi konten baik lewat website, sosial media, hingga forum-forum dan media publikasi internet lainnya.

Doesn memanfaatkan Internet

Lalu sebagai akademisi, apa saja yang dosen bisa dapat dari internet?. Dalam bukunya Syahrizal Abbas (2008: 169) disebutkan bahwa ada beberapa ragam pengetahuan yang dapat diperoleh melalui internet bagi dosen perguruan tinggi, yaitu:

  • Kumpulan jurnal terbaru mengenai bidang studi yang ditekuninya
  • Silabus mata kuliah di berbagai perguruan tinggi dunia
  • Materi kuliah dalam bentuk presentasi maupun elektronik file
  • Hasil riset lembaga terkemuka dunia yang dilakukan dan diterbitkan oleh lembaga nirlaba maupun komersial

Sebenarnya masih banyak lagi yang bisa didapat melalui internet. Dengan adanya internet dan perkembangannya memungkinkan untuk akses segala jenis sumber referensi yang berguna bagi dosen. Bahkan proses pembelajaran dapat dilakukan secara online dengan penerapan e-learning.

Saat ini hampir semua lembaga riset dan pendidikan memiliki platform website mereka sendiri. Website ini biasanya digunakan untuk menyajikan koleksi dan publikasi hasil karya lembaga tersebut. Publikasi tersebut biasanya disajikan agar dapat diakses secara publik. Kita sebagai pengguna harus mampu memanfaatkan publikasi tersebut dengan sebaik mungkin.

Seluruh konten referensi yang tersedia di internet ini sangat berguna dan memudahkan semua pihak dalam perguruan tinggi untuk mencari kebutuhan referensi yang menunjang perkuliahan. Namun demikian harus tetap bijak dalam memilih sumber referensi yang tersedia di internet, karena banyak juga konten yang tidak jelas dan justru menyajikan data yang salah. Pilih referensi dari sumber yang dapat dipercaya, sebagai pengguna kita wajib memiliki pengetahuan dalam membedakan mana sumber yang dapat diandalkan dan mana yang harus dibuang.


Referensi:
Abbas, Syahrizal. 2008. Manajemen Perguruan TInggi: Beberapa Catatan. Jakarta: Kencana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 1