Informasi Yang Dapat Diperoleh Dengan Dukungan Dan penerapan IT Bagi Dekan Dan Ketua Program Studi Pendidikan Tinggi

Teknologi saat ini sudah berkembang dengan sangat cepat. Hampir di semua bidang kehidupan dapat dijumpai sentuhan teknologi didalamnya. Termasuk dalam bidang pendidikan, teknologi dapat diterapkan dalam memudahkan dan mempercepat tujuan pendidikan. Penerapan teknologi dalam bidang pendidikan dapat diterapkan langsung dalam pelaksanaan pendidikan terutama dalam pembelajaran maupun dalam pengelolaan pendidikan terutama di tingkat institusi.

Doesn memanfaatkan Internet

Pada perguruan tinggi sekarang ini, pengelolaan lembaga yang baik sangat diperlukan demi menunjang keberhasilan pelaksanaan pendidikan. Oleh sebab itu, sekarang ini hampir semua institusi perguruan tinggi memiliki tim khusus yang menangani penerapan teknologi informasi (IT). Dengan karena dengan penerapan teknologi yang terintegrasi dalam manajemen akan menjadikan pengelolaan pendidikan menjadi lebih mudah.

Penerapan teknologi informasi (IT) di tingkat pendidikan tinggi mampu menyimpan dan menyajikan data yang mudah diakses. Bagi dekan dan ketua program studi khususnya, data yang tersaji dalam sistem informasi lembaga yang sudah dibangun tim IT. Informasi yang tersimpan dapat dianalisis sehingga baik dekan maupun ketua program studi mampu mengambil keputusan yang efektif demi memajukan fakultas atau program studinya.

Data yang dapat diperoleh dengan dukungan dan penerapan IT bagi dekan dan ketua program studi pendidikan tinggi dapat berisi beragam infomasi. Dalam bukunya Syahrizal Abbas (2008: 170) menyebutkan ada beberapa informasi yaitu:

  • Jumlah dan profil masing-masing dosen dengan keahliannya, lengkap dengan catatan prestasi, hasil kerja dan track record
  • Kinerja dan rasio keuangan yang diperlihatkan dalam laporan finansial berkala
  • Peningkatan kualitas sumber daya dan penyelenggaraan pendidikan melalui pengawasan terhadap sejumlah indikator rasio penting seperti rasio dosen dengan mahasiswa
  • Rata-rata indeks prestasi siswa per program studi
  • Jumlah mahasiswa yang diwisuda setiap tahun
  • Total nilai beasiswa yang diberikan
  • Komposisi mahasiswa sarjana, magister dan doktoral

Informasi diatas tentunya sangat berguna bagi dosen dan ketua program studi terutama dalam mengelola mahasiswa, dosen hingga staff yang dimiliki. Dengan informasi tersebut dapat diambil keputusan untuk perencanaan program demi meningkatkan kualitas institusi dan memperbaiki apa yang kurang.

Seiring dengan berkembangnya sistem teknologi yang terintegrasi, informasi yang dapat tersimpan dapat semakin bertambah. Apalagi jika setiap bidang dapat diintegrasikan, maka hanya diperlukan sebuah platform sistem informasi yang terintegrasi sehingga dengan sekali klik bisa mengakses keseluruhan informasi yang tersedia.


Referensi:
Abbas, Syahrizal. 2008. Manajemen Perguruan Tinggi: Beberapa Catatan. Jakarta: Kencana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 1 =