Ciri-Ciri Utama Teknologi Berbasis Komputer dan Ciri-Ciri Media Pembelajaran yang Dihasilkan

Penerapan Teknologi Komputer dalam Pembelajaran

Teknologi berkembang dan berkembang semakin cepat. Perkembangan teknologi sekarang ini bahkan mampu melebar dan mempengaruhi pada berbagai bidang. Termasuk dalam pembelajaran dan pendidikan yang mampu menghasilkan produk-produk dan metode-metode ataupun penemuan baru yang revolusioner dalam dunia pendidikan yang berbasis teknologi.

Penggunaan komputer yang merupakan kunci utama sekaligus produk teknologi juga dapat dengan mudah diterapkan dalam pendidikan dan pembelajaran. Penggunaan komputer memiliki keunggulan-keunggulan yang tidak dimiliki produk lainnya. Komputer dapat berperan banyak dalam pendidikan mulai sebagai sumber belajar, media pembelajaran, evaluasi hingga manajemen pendidikan dan pembelajaran.

Produk teknologi berbasis komputer sudah banyak ditemui dan makin banyak diterapkan dalam berbagai hal. Arsyad (2013: 34) menyebutkan bahwa teknologi berbasis komputer memiliki ciri-ciri utama sebagai berikut:

  1. Dapat digunakan secara acak, sekuensial maupun secara linear.
  2. Dapat digunakan sesuai dengan keinginan siswa, bukan saja dengan cara yang direncanakan dan diinginkan oleh perancang.
  3. Gagasan-gagasan sering disajikan secara realistik dalam konteks pengalaman siswa, menurut apa yang relevan dengan siswa dan dibawah pengendalian siswa.
  4. Prinsip ilmu kognitif dan konstruktivisme diterapkan dalam pengembangan dan penggunaan pelajaran.
  5. Pembelajaran ditata dan terpusat pada lingkup kognitif sehingga pengetahuan dikuasai jika pelajaran itu digunakan.
  6. Bahan-bahan pelajaran melibatkan banyak interaktivitas siswa
  7. Bahan-bahan pelajaran memadukan kata dan visual dari berbagai sumber.

Produk teknologi berbasis komputer tentu dapat diterapkan dalam pembelajaran, beberapa bahkan memang diciptakan memang dikhususkan untuk digunakan dalam pembelajaran. Terutama untuk media pembelajaran, produk teknologi berbasis komputer untuk media pembelajaran sangatlah banyak, bukan hanya yang berupa hardware atau perangkat keras saja namun juga termasuk perangkat lunak atau software dan program komputer.

Contoh hardware yang dapat digunakan sebagai media pembelajaran misalnya komputer atau laptop, proyektor, dan jenis-jenis media pembelajaran berbasis teknologi komputer lain. Sedangkan contoh perangkat lunak atau software yang mampu digunakan untuk merancang atau secara langsung sebagai media pembelajaran misalnya Microsoft Power Point, Encarta, Macromedia Captivate, dan masih banyak lainnya. Arsyad (2013: 33) menyebutkan juga ciri-ciri utama media pembelajaran yang dihasilkan dari produk teknologi berbasis komputer antara lain adalah:

  1. Dapat digunakan secara acak, non-sekuensial maupun secara linear.
  2. Dapat digunakan berdasarkan keinginan siswa atau berdasarkan keinginan perancang atau pengembang sebagaimana direncanakannya.
  3. Biasanya gagasan-gagasan disajikan dalam gaya abstrak dengan kata, simbol, grafik.
  4. Prinsip-prinsip ilmu kognitif untuk mengembangkan media pembelajaran dari teknologi berbasis komputer ini.
  5. Pembelajaran dapat berorientasi siswa dan melibatkan interaktivitas siswa yang tinggi.

Teknologi berbasis komputer telah memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam dunia pendidikan dan khususnya pada proses pembelajaran untuk dijadikan media pembelajaran. Perkembangan teknologi yang makin pesat juga sangat memungkinkan untuk terciptanya produk unggulan dari teknologi berbasis komputer agar dapat diterapkan sebagai media pembelajaran yang tentunya mampu menjadikan pembelajaran yang lebih efektif dan efisien.


Referensi:
Arsyad, Azhar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Latest posts by Syaiful Imran (see all)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 1 = 3