Nilai-Nilai Alat Peraga dalam Proses Pembelajaran

Media pembelajaran saat ini sangat dibutuhkan dalam proses belajar mengajar. Media pembelajaran sudah lazim digunakan hampir pada tiap pertemuan dalam pembelajaran. Ini karena manfaat media pembelajaran memberikan pengaruh yang sangat baik dalam mencapai tujuan pembelajaran.

Alat peraga sebagai salah satu media pembelajaran banyak digunakan guru dalam mengajar siswa. Dengan menggunakan alat peraga guru dapat dengan mudah menyampaikan materi yang hendak disampaikan. Dengan menggunakan alat peraga siswa mendapat pengalaman yang tidak didapat dibanding pembelajaran tanpa alat peraga. Alat peraga juga mampu menyampaikan apa-apa saja yang jika dituangkan dalam media lain akan sulit untuk dideskripsikan.

Macam-Macam Alat Peraga

Dalam bukunya Muhammad Anas (2014) disebutkan bahwa terdapat nilai-nilai yang terkandung alat peraga dalam pembelajaran. Nilai-nilai tersebut adalah:

  • Peragaan dapat meletakkan dasar-dasar yang nyata untuk berfikir
  • Peragaan dapat memperbesar minat dan perhatian siswa untuk belajar
  • Peragaan dapat meletakkan dasar untuk perkembangan belajar sehingga hasil belajar dapat maksimal
  • Peragaan memberikan pengalaman nyata dan dapat menumbuhkan kegiatan berusaha sendiri pada setiap siswa
  • Peragaan menumbuhkan pemikiran yang teratur dan berkesinambungan
  • Peragaan membantu tumbuhnya pemikiran dan berkembangnya kemampuan berbahasa
  • Peragaan memberikan pengalaman yang tidak mudah diperoleh dengan cara lain serta membantu berkembangnya efisiensi dan pengalaman belajar yang lebih sempurna

Poin yang paling penting yang dimiliki alat peraga dalam pembelajaran adalah alat peraga mampu menjelaskan konsep dan materi, mampu memberikan pengalaman nyata pada siswa, menarik minat dan perhatian, serta dapat menumbuhkan daya pikir dan perkembangan belajar siswa.

Dari nilai-nilai yang dimiliki oleh penggunaan alat peraga dalam proses pembelajaran, nampaknya hampir semua fungsi media pembelajaran dimiliki oleh alat peraga. Ini berarti bahwa alat peraga dapat bersifat universal dan dapat diaplikasikan pada hampir semua proses belajar mengajar yang membutuhkan media pembelajaran yang penggunaanya hatu sesuai dengan prinsip penentuan media pembelajaran.

Tentunya penggunaan alat peraga sebagai media harus menyesuaikan dengan kriteria pemilihan media pembelajaran yang baik. Mulai dari penyesuaian dengan tujuan pembelajaran dan materi, mudah untuk diaplikasikan, efektif dalam penggunaan, hingga sesuai dengan standar produk. Ini bertujuan agar penggunaan alat peraga tersebut dapat optimal dan benar-benar membantu proses belajar-mengajar. Bukan sebaliknya, karena kesalahan pemilihan alat peraga sebagai media pembelajaran justru dapat menghambat proses pembelajaran.


Referensi:
Anas, Muhammad. 2014. Alat Peraga dan Media Pembelajaran. Jakarta
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

+ 86 = 87