3 Jenis Alat Peraga menurut Regional Education Centre of Science and Mathematic (RECSAM)

Media pembelajaran terus berkembang mengikuti perkembangan dan kebutuhan zaman. Ada banyak sekali pilihan jenis media pembelajaran yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Salah satu media pembelajaran yang banyak dipilih untuk digunakan dalam pembelajaran adalah alat peraga.

Alat peraga banyak dipilih untuk digunakan dalam mata pelajaran dengan materi yang sangat membutuhkan alat bantu untuk menunjukkan secara detail materi yang bersangkutan. Alat peraga inilah yang dipilih sebagai alat bantunya. Tanpa menggunakan alat peraga maka materi yang akan disampaikan pada siswa kurang dapat disampaikan dengan baik. Alat peraga membantu agar siswa mendapatkan gambaran yang lebih nyata dan lebih lengkap terhadap materi yang sedang dipelajari sehingga materi dapat dipahami dengan jauh lebih mudah.

Banyak sekali macam bentuk dari alat peraga yang dapat digunakan sebagai media dalam pembelajaran. Mulai dari alat peraga yang memang diproduksi massal untuk kegiatan pembelajaran, alat peraga universal yang dapat digunakan untuk banyak kegiatan ataupun alat peraga yang guru sendiri yang membuat dirancang untuk pembelajaran yang akan dilakukan.

Pengelompokkan Alat Peraga

Regional Education Centre of Science and Mathematic (RECSAM), mengelompokkan alat peraga sebagai berikut:

  1. Alat praktik, adalah suatu alat atau set alat yang digunakan secara langsung untuk membentuk suatu konsep. Contoh termometer sebagai alat praktik IPA digunakan untuk menanamkan konsep suhu dan kalor. Alat praktik IPA digunakan untuk melakukan kegiatan praktikum dan eksperimen
  2. Alat peraga, adalah alat yang digunakan untuk membantu memudahkan memahami suatu konsep secara tidak langsung. Termasuk dalam kelompok ini antara lain: model, karta, dan poster
  3. Alat pendukung, adalah alat yang sifatnya mendukung jalannya percobaan atau eksperimen atau kegiatan pembelajaran lainnya. Contoh alat yang termasuk kelompok ini adalah pembakar spiritus, papan flanel, OHP, dan sebagainya

Berbagai macam jenis alat peraga tersedia dan siap untuk digunakan dalam pembelajaran. Guru harus bijak dalam memilih alat peraga sebagai media pembelajaran. Guru harus mampu memilih dengan tepat alat peraga mana yang akan digunakan. Masing masing mata pelajaran dan materi sesuai dengan alat peraga tertentu saja, tidak semua jenis alat peraga bisa disajikan dalam pembelajaran.

Alat peraga juga harus disajikan dan digunakan dengan porsi yang cukup, tidak terlalu berlebihan agar tidak menimbulkan ketergantungan terhadap alat peraga karena sejatinya alat peraga sebagai media pembelajaran ini fungsinya adalah sebagai alat bantu semata.


Referensi:
Anas, Muhammad. 2014. Alat Peraga dan Media Pembelajaran. Jakarta
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

− 2 = 1