Kebutuhan Remaja Dalam Dunia Pendidikan Sebagai Siswa

Pendidikan sejatinya merupakan sebuah sarana untuk menciptakan kualitas sumber daya manusia yang lebih baik dimana nantinya peserta didik diarahkan dan dibekali ilmu agar dapat berguna bagi dirinya selepas menjalani pendidikan formal. Inilah mengapa pendidikan formal ditujukan untuk peserta didik mulai dari anak, remaja, hingga dewasa.

Pendidikan yang wajib adalah ditujukan kepada usia anak dan remaja dimana mereka sangat membutuhkan banyak hal sebagai bekal hidup. Usia remaja sangat diutamakan dalam pendidikan, mereka perlu dibekali dengan pemahaman, ilmu, hingga keterampilan dan keahlian sehingga berguna ketika dewasa mereka dapat memanfaatkan itu semua.

Pendidikan untuk Remaja

Usia remaja menjadi usia yang menentukan bagaimana seorang remaja kelak menjadi dewasa. Remaja memiliki kondisi psikologis dan mental yang relatif tidak stabil, segala hal yang diterima akan mudah diproses oleh remaja. Pembentukan seorang remaja juga sangat ditentukan dari segala hal yang diterimanya, oleh karena itu pendidikan sangat diperlukan agar mampu membentuk remaja memiliki kualitas sumber daya manusia yang baik.

Pendidikan mampu memberikan apa yang dibutuhkan remaja dalam rangka pembentukan karakternya. Ada beberapa kebutuhan remaja dalam rangka pembentukan jati dirinya yang didapat dari pendidikan.

Jenis kebutuhan remaja dikemukakan pada National Education Association American dalam Mudjiran (2007: 32) adalah sebagai berikut:

  • Remaja butuh untuk mengembangkan keterampilan yang dapat digunakan sebagai bekal bekerja
  • Remaja sangat memerlukan informasi untuk memelihara kesehatan psikis dan kesehatan fisiknya
  • Remaja membutuhkan suatu informasi atau pengetahuan tentang hak dan kewajiban seorang warga negara yang baik
  • Memerlukan pengetahuan tentang masalah keluarga dan maknanya bagi individu maupun masyarakat
  • Perlu pengetahuan dan informasi bagaimana memperoleh dan memanfaatkan fasilitas yang ada dan bagaimana cara pemeliharaannya
  • Butuh informasi tentang peranan ilmu pengetahuan bagi kehidupan manusia
  • Membutuhkan peresapan makna dan penghargaan terhadap seni, musik, dan keindahan alam
  • Memerlukan informasi bagaimana cara memanfaatkan waktu luangnya dengan baik
  • Membutuhkan pengetahuan tentang rasa hormat pada orang lain
  • Membutuhkan wawasan dan pengetahuan untuk mampu berpikir secara rasional

Kebutuhan untuk remaja ini perlu dipenuhi agar remaja mampu menjadi pribadi yang baik. Dengan pemenuhan kebutuhan remaja melalui pendidikan, maka remaja paling tidak akan mendapatkan modal dalam menjalani kehidupan setelah remaja. Pendidikan secara langsung juga mampu mencetak generasi remaja yang memiliki tingkat sumber daya yang baik.

Jika kebutuhan remaja tidak terpenuhi, bisa berdampak pada penurunan kualitas sumber daya manusia. Coba bandingkan saja sebagian besar remaja yang tidak sekolah kesulitan dalam mencari penghidupan yang layak dibanding dengan remaja yang mengikuti wajib belajar.


Referensi:
Mudjiran. 2007. Buku Ajar Pengembangan Peserta Didik. Padang: UNP Press
The following two tabs change content below.

Syaiful Imran

Multiple Personality. :p Penulis (Author) di Ilmu-Pendidikan.net

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

79 − = 71